5 Faktor yang Mempengaruhi Kesuburan Pria

Tweet

https://uldissprogis.files.wordpress.com/2014/03/couple-arguing.jpgSaat momongan tidak kunjung datang di tengah-tengah pasangan suami istri, sebaiknya pasangan suami istri tidak saling memberi telunjuk, namun lebih memberi petunjuk. Hal yang terpenting adalah mencari solusi bersama-sama agar momongan cepat didapat dan memeriahkan kehidupan rumah tangga.

Kualitas Sperma

Bagi pasangan muda, berhubungan suami istri setiap hari bukanlah merupakan solusi bahwa sang istri akan segera hamil. Bila Anda ingin segera memiliki momongan janganlah bercinta setiap hari karena daur hidup sperma kurang lebih 24 jam. Anda sebaiknya memberikan jeda sekitar tiga hari sebelum berhubungan lagi dengan istri Anda, untuk menjaga kesuburan sperma Anda.

Kelelahan

Kelelahan akan menyebabkan fisik Anda melemah dan secara otomatis mengakibatkan melemahnya pergerakan dan kualitas sperma. Kelelahan yang dimaksud di sini bukanlah hanya diakibatkan dari banyaknya kegiatan fisik, namun juga dari banyaknya pikiran dan pekerjaan yang memanggil-manggil meminta untuk segera diselesaikan.

Zat Kimia

Sama seperti hal nya pada wanita, zat kimia yang terkandung pada banyak produk yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari juga berbahaya bagi pria. Zat kimia jenis endocrine-disrupting yang terkandung di beberapa merk pasta gigi, sabun, shampoo dan tabir surya dapat menurunkan jumlah sperma dan lambat laun berakibat menurunnya kesuburan pria. Fakta yang lebih mengerikan adalah sekitar 30 dari 96 zat kimia yang biasa ada di rumah tangga yang diujikan berpengaruh langsung terhadap protein dalam sperma. Dengan kata lain, kualitas sperma yang menurun akan menyebabkan melambatnya gerakan sperma ketika hendak membuahi indung telur agar terjadi kehamilan.

Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan tertentu seperti steroid, obat kanker, atau bahkan antibiotik dapat menurunkan produksi sperma dan tingkat kesuburan serta menyebabkan ketidakseimbangan hormon testosteron. Karena itu sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu kepada ahli kesehatan sebelum memutuskan mengonsumsi obat apapun.

Saluran Sperma Tersumbat

Saluran sperma tersumbat biasanya merupakan bawaan lahir karena tidak terbentuknya sebagian saluran sperma. Selain itu infeksi juga dapat menyebabkan terjadinya sumbatan pada saluran sperma. Timbulnya infeksi dapat disebabkan oleh bakteri yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Hal ini akan mengakibatkan perlekatan pada saluran reproduksi pria. Bila terjadi infeksi, segeralah konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik dan tidak terjadi komplikasi yang lebih parah.

Memang tidak mudah untuk mempertahankan cinta dan hubungan suami istri  hingga hari tua. Terkadang terlambat mendapatkan buah hati dapat menjadi pemicu retaknya kemesraan hubungan suami istri yang telah dibina dengan perjuangan panjang. Namun begitulah kehidupan. Harapan sepasang suami istri adalah seperti melewati jalan tol yang tanpa hambatan, tetapi kenyataan yang terjadi seperti film Ninja Hattori; mendaki gunung, dan melewati lembah. Jangan menyerah dan teruslah berdoa agar Anda segera dikaruniai buah hati oleh Yang Maha Kuasa.

Passion and patience are the best answer to stay in a melodious romance

 

Blog Comments: (3 comments so far)

  1. Pingback: 7 Faktor yang Berpengaruh terhadap Kesuburan Wanita

  2. Pingback: 18 Cara untuk Meningkatkan Kesuburan

  3. Pingback: Cara Cepat Atasi Migrain TANPA Obat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: