Kriteria Makanan Sehat yang Menyehatkan Jiwa Raga

Tweet

https://draggarwal.files.wordpress.com/2012/07/healthy-eating.jpg

Manusia adalah makluk yang selain memiliki akal, juga memiliki nafsu. Nafsu atau hasrat inilah penyebab manusia dapat terus bertahan hidup, termasuk nafsu makan. Dapatkah Anda bayangkan bagaimana nasib manusia apabila tidak memiliki nafsu makan? Sepertinya lama-kelamaan manusia akan binasa. Oleh sebab itu sangat manusiawi jika kita berhasrat ingin membeli dan merasakan aneka makanan lezat yang terlihat.

Di zaman modern sekarang ini, berbagai jenis makanan lezat mampu memanjakan lidah. Namun, apakah makanan tersebut menyehatkan tubuh atau malah meracuni tubuh secara perlahan-lahan? Apakah kriteria makanan yang dapat menyehatkan jiwa dan raga?

Inilah 6 kriteria makanan yang menyehatkan tubuh :

  1. Berkabohidrat Kompleks.
    (healthnutrition.com)

    Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks baik untuk kesehatan karena memiliki indek glikemik rendah. Dengan demikian makanan tersebut tidak meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dalam waktu singkat (sugar rush). Makanan berkarbohidrat kompleks misalnya yang berbahan dasar gandum.

  2. Berprotein.

    (healthnutrition.com)

    Protein sangat dibutuhkan tubuh sebagai zat pembangun, yang berfungsi dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan. Protein terbagi dua, protein hewani yang berasal dari daging ayam, putih telur dan ikan, serta protein nabati seperti dari kacang-kacangan. Namun, sebaiknya batasilah makanan berprotein yang tinggi lemak jenuh seperti daging merah.

  3. Berserat Tinggi.

    Makanan berserat disamping menyehatkan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan sistim pencernaan
    Anda agar terhindar dari konstipasi. Ada berbagai jenis makanan yang merupakan sumber serat, seperti aneka buah-buahan, sayuran hijau, biji-bijian serta kacang-kacangan.

  4. Non Lemak Trans.
    Lemak trans berbahaya bagi tubuh karena dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat didalam darah, meningkatkan risiko peradangan serta menurunkan jumlah kolesterol baik di dalam tubuh Anda. Hindarilah berbagai makanan yang terbukti mengandung lemak trans di dalamnya seperti makanan panggang yang dibekukan, aneka makanan yang digoreng dengan minyak yang sama secara berkali-kali serta jajanan dalam kemasan.
  5. Memiliki kandungan Omega 3 dan 6.

    Omega 3 bermanfaat untuk menurunkan kolesterol sehingga baik untuk jantung, meningkatkan kemampuan otak dan sistim imun tubuh. Omega 6 baik untuk membakar lemak, merawat kesehatan kulit dan mengatur keseimbangan hormon wanita. Omega 3 terdapat di berbagai macam ikan laut seperti salmon, sarden dan makarel, sedangkan omega 6 banyak ditemukan di kacang-kacangan dan bunga biji matahari.

  6. Berkalsium Tinggi.

    Susu skim tinggi kalsium dan juga kandungan kalsium yang terdapat di dalam berbagai sayuran berdaun hijau serta aneka biji-bijian sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis pada pria maupun wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>