Menarik Minat Makan Anak yang Susah Makan

Tweet

Orangtua seringkali kehabisan cara untuk membuat anaknya mau makan. Sebagian orangtua malah menerapkan “jalan pintas” dengan memberi anaknya camilan yang banyak dengan pikiran “yang penting anak gue enggak kelaperan.” Akhirnya kue, roti, kraker, dan biskuitpun menjadi santapan bagi anak. Orangtua seperti itu melupakan kenyataan bahwa makanan-makanan tersebut bukan sumber makanan yang dapat mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian bagi perkembangan fisik dan mental anak. Padahal kelengkapan gizi empat sehat lima sempurna tidak dapat diperoleh dari camilan semacam itu. Berbagai jenis sayuran dan daging sangat dibutuhkan selama masa perkembangan anak Anda. Namun bagaimana solusinya apabila anak Anda susah makan?

Sebenarnya anak susah makan disebabkan oleh kebiasaan memberi anak camilan seperti di atas. Kandungan garam yang tinggi dan perasa yang ditambahkan ke dalam berbagai jenis camilan tersebut menyebabkan lidah anak menjadi terbiasa dengan makanan berbumbu atau mengandung perasa tambahan. Jadi ketika anak diberikan makanan buatan rumah yang tidak memakai perasa tambahan, anakpun tidak berselera mengonsumsinya.

Bila anak dirasa susah makan, jangan malah dimarahi dan dipaksa sehingga menciptakan suasana ‘horor’ bagi anak. Alih-alih mau makan, mereka malah akan lebih menghindari makanan lebih gencar. Ketika Anda dihadapkan pada kondisi tersebut, jangan putus asa mama! Coba siasati anak yang susah makan dengan mengganti varian menu dan cara penyajian. Sebelum mencoba menyicipi rasa makanan, anak biasanya akan tertarik pada tampilannya terlebih dahulu. Tampilan makanan yang menarik tentunya membuat anak lebih semangat untuk menyantap makanan yang ada di depannya. Nah untuk cara penyajian, intip beberapa tips menarik cara penyajian makanan untuk anak-anak yang dikumpulkan dari berbagai sumber, di bawah ini:

Sweet Rapunzel and her tower

Spaghetti yang terbuat dari gandum, kacang merah, telur, dan tomat, dapat menjadi santapan sehat untuk anak Anda.

Little mermaid swimming in the sea.. ^^

Wortel, brokoli, jagung, sawi, ditambah keju slice dan daging ayam rebus..nyaammm nikmat dan bergizi.

A couple of cowboy

Nasi goreng ditambahkan telor dadar, brokoli, daging ayam, plus nori dan stroberi. Kurang sehat apalagi nih?

Twinkle..twinkle little stars…^^

Nasi dapat dikombinasikan dengan makanan yang biasa digemari anak-anak seperti nugget, sosis, dan lain sebagainya. Tidak masalah anak Anda diberikan nugget, sosis atau makanan olahan lainnya, asal jangan menjadi kebiasaan yaa, mom…

Red riding hood and the wolf… hohohohoo

Daging ayam bumbu, potongan tomat, disantap dengan nasi dan jagung. Berbagai kandungan gizinya pasti menambah tenaga untuk anak Anda beraktivitas lebih lincah.

Kandungan protein, vitamin, serat, dan karbohidrat sudah tercakup di dalam menu di atas, Bila ditambahkan dengan segelas susu, akan melengkapi kebutuhan gizi empat sehat lima sempurna bagi anak Anda. Terinspirasi untuk berkreasi dengan berbagai jenis makanan lain? Just give it a shot! Karena anak adalah sumber inspirasi sejati. Anda dapat menciptakan suasana menyenangkan bagi anak yang susah makan dengan menciptakan berbagai kreasi cara penyajian. Berikan pula KURKUR untuk buah hati tercinta. KURKUR akan membantu memperbaiki nafsu makan sekaligus membantu memelihara kesehatannya. So? Anak sehat, nafsu makan meningkat, jadi juara di sekolah.

 

Blog Comments: (One comment so far)

  1. Pingback: Darimana kecerdasan Seorang Anak Berasal?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>