Olahraga Tepat, Hipertensi Terkendali

Tweet

Tidak dapat dipungkiri lagi, olahraga merupakan aktivitas yang mutlak Anda lakukan dalam menjaga kesehatan. Berbagai jenis cabang olahraga dapat menjadi pilihan yang menyenangkan bagi Anda. Namun bagi Anda penderita hipertensi haruslah bijak dalam menentukan pilihan. Jika tidak tepat memilih justru akan memperburuk kondisi Anda.

Jenis olahraga aerobik, sebagai contohnya jalan kaki, jogging, lari, poco – poco, sepeda santai atau senam kesehatan jantung sangat tepat bagi penderita hipertensi. Pada olahraga aerobik proses produksi energi terjadi dengan melibatkan oksigen. Sebagai manfaatnya, tubuh akan memacu kerja organ-organ yang berfungsi dalam mengangkut oksigen seperti jantung, paru-paru dan pembuluh darah. Selain itu dengan latihan aerobik akan meningkatkan kadar endorpin (hormon yang membuat suasana hati lebih rileks dan bahagia) dan menurunkan kadar adrenalin (pemicu tekanan darah sistolik yang tinggi). Latihan aerobik yang rutin juga akan membantu membakar kolesterol. Seperti kita ketahui kadar kolesterol yang tinggi adalah penyebab tingginya tekanan darah diastolik. Melalui mekanisme tersebut, tekanan darah sistolik maupun diastolik akan terkendali.

Dengan melakukan olahraga aerobik secara rutin (60 menit dengan frekuensi 3 – 5 kali dalam seminggu) Anda dapat merasakan manfaatnya. Bagi Anda yang masih pemula kegiatan harus dihentikan pada saat Anda merasakan pusing, kelelahan, dada seperti tertekan, jantung berdebar atau sesak napas yang berlebihan. Lakukanlah pemulihan lima sampai sepuluh menit kemudian Anda dapat mencobanya lagi sesuai dengan kemampuan Anda.

Selain olahraga yang tepat, konsumsi suplemen untuk membantu mengatasi hipertensi tetap diperlukan. Pilihlah suplemen dengan bahan alami, yaitu royal noni yang bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah dan kandungan royal jelly di dalamnya membantu memperbaiki sel tubuh dan menjaga stamina Anda.

 

Sumber:

Irawan, M. Anwari. 2007. Metabolisme Energi Tubuh dan Olahraga

Brunel, Patrick et all. 2013. Exercise Testing in Hypertensive Patients for Assessing the Cardiovascular Protective Potential of Antihypertensive Drugs

www.phassociation.org. 2014. Exercise and Pulmonary Hypertension

www.bit.lipi.go.id. 2009. Hipertensi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>