Ragam Makanan Kaya Serat yang Penting untuk Tubuh

Tweet

https://sigoese.files.wordpress.com/2012/10/agate-01.jpg

Sejak pertengahan 2013 hingga sekarang banyak orang yang tergila-gila dengan batu akik. Fenomena batu akik membahana ke segala penjuru Indonesia, dari sabang sampai merauke. Keindahan batu akik bisa dinilai dari berbagai macam aspek, salah satunya dari serat yang terlihat saat disinari memakai senter. Semakin banyak serat yang ada di dalam batu akik, semakin mahal harganya.

Tapi janganlah Anda hanya mengutamakan batu akik yang berserat yang bernilai mahal, kebutuhan tubuh akan serat harus diutamakan agar metabolisme lancar. Tentunya tubuh kita jauh lebih berharga dari batu akik manapun, bukan?

Serat bagi tubuh, selain untuk membantu proses metabolisme dan melancarkan pencernaan, juga membantu menstabilkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Serat juga turut berperan besar dalam proses penurunan berat badan dan tentunya perlu dibantu dengan NATURE CITRIMAX.

Namun bagi sebagian orang, memenuhi kebutuhan akan serat ini amatlah sulit. Hal tersebut terkait dengan kebiasaan atau hobi mengonsumsi makanan berlemak ditambah dengan rasa malas mengonsumsi makanan sumber serat. Sumber serat sebenarnya beraneka ragam. Bagi yang tidak menyukai sayur-mayur misalnya, dapat menggantinya dengan kacang-kacangan atau berbagai macam buah-buahan.

Di bawah ini merupakan berbagai macam sumber serat yang dapat dijadikan referensi menyusun menu makanan yang sehat dan kaya serat agar tidak membosankan:

1. Kacang-kacangan

http://www.foodchannel.com/files/0004/6159/nut_bunch_medium.jpg
Kacang hijau, kacang hitam dan kacang merah merupakan salah satu sumber serat yang baik dimana terdapat sekitar 15 gr serat atau lebih per 1 cangkir penyajian. Buatlah bubur kacang hangat nan sehat untuk sajian sore bagi keluarga Anda.

2. Berbagai macam buah Berry

http://1.bp.blogspot.com/-yQSeN4kYX68/UQy57xIHNMI/AAAAAAAAAJs/3TVxlti6y_A/s320/a2.jpg

Raspberry, blackberry dan elderberry merupakan sumber serat tertinggi yang berasal dari buah-buahan. Dengan 8 sampai 10 gr serat per 1 cangkir penyajian. Para wanita sangat menyukai buah-buahan ini karena selain rasanya merupakan perpaduan manis dan asam,  kandungan vitamin C nya baik untuk kecantikan kulit.

3. Sayuran berdaun hijau

http://freemovies4z.com/wp-content/uploads/2015/03/Green-Vegetables.jpg

Sayuran hijau seperti bayam, lobak hijau, dan bit hijau, mengandung 4 sampai 5 gr serat per satu cangkir penyajian  Janganlah malas mengonsumsi sayuran hijau karena selain kaya akan serat, sayuran hijau juga kaya akan vitamin dan mineral.

4. Jagung

http://images.wisegeek.com/corn-cobs.jpg

Setengah cangkir biji jagung, mengandung sekitar 2 gr serat. Kreasikanlah jagung ke dalam berbagai macam olahan makanan, jangan hanya direbus saja.  Anda dapat mengolah jagung menjadi sup yang sehat dan nikmat ataupun kue yang unik.

5. Alpukat

http://3.bp.blogspot.com/-4b4gkijy2Sc/UWQw9pk87YI/AAAAAAAACVY/-rMWpyZ7UeA/s1600/www.best-foodpoint.blogspot.com.jpg

Alpukat umumnya mengandung sekitar 10 gram serat.  Dengan rutin mengonsumsi alpukat, Anda mengurangi risiko penyakit jantung karena alpukat juga merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kolesterol.

6. Beras merah

http://2.bp.blogspot.com/_1jSmdLt4j4c/Soswa5o9RfI/AAAAAAAAAAM/cx8DX4NXtdA/s400/035919p.JPG

Setiap cangkir beras merah mengandung 3,5 gr serat. Dengan mengganti beras putih dengan beras merah sebagai sumber karbohidrat sehari-hari, Anda sudah menambahkan porsi serat lebih banyak ke dalam diet harian Anda.

8. Pir

http://fruteriamadrid.es/productos/peras-agua.jpg

Buah pir adalah buah yang paling bergizi dan kaya serat apabila dikonsumsi secara utuh dengan kulitnya. Sebuah pir mengandung sekitar 5,5 gr serat. Tapi tentunya pastikan Anda telah mencuci bersih buah pir tersebut sebelum mengonsumsinya.

9. Brokoli

http://healthbenefitstimes.com/9/uploads/2012/09/Broccoli.jpg

Secangkir brokoli rebus mengandung sekitar 5,1 gr serat. Selain itu brokoli dapat mencegah kanker.

10. Apel

https://writerwoman61.files.wordpress.com/2010/04/apples-ca.jpg

Seperti halnya pir, apel adalah buah yang harus dimakan bersama dengan kulitnya karena kulitnya pun bernutrisi. Sebuah apel ukuran biasa mengandung sekitar 4,4 gr serat.

 

Jadi jangan hanya batu akik yang diperhatikan seratnya ya..

Selamat mencoba! ;)

 

(sumber: livestrong)

 

Nature Citrimax

nature_citrimax

Nature Citrimax, membantu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak secara aman dan alami. Tidak menimbulkan efek samping dan ketergantungan.

Selengkapnya …

Blog Comments: (8 comments so far)

  1. Pingback: Siapkan Stamina Sebelum Menonton Konser

  2. Pingback: 12 Makanan Paling Menyehatkan

  3. Pingback: Sudah Berkenalan dengan Aterosklerosis ?

  4. Pingback: Tetap Prima di Usia Senja Berkat 7 Nutrisi Ini

  5. Pingback: Nyam..nyam..nyam.. Bikin Burger Sehat Yuuuk!

  6. Pingback: Tahukah Anda Bahaya Apa Saja yang Mengintai di Balik Air Hujan?

  7. Pingback: Rahasia di Balik Bagian Putih Daging Semangka

  8. Pingback: Sumber Protein yang Membantu Menurunkan Resiko Obesitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>