Umur Boleh Bertambah, Tetaplah Berjiwa Muda

Tweet


Bertambahnya angka pada umur sebaiknya berlaku hanya untuk angka yang berganti akibat bertambahnya tahun, jangan biarkan jiwa Anda bertambah tua pula. Mental dan pikiran yang selalu muda akan membantu menjaga kualitas kesehatan Anda secara tidak langsung; karena bila Anda berpikir Anda lemah, maka Anda akan semakin melemah.

Berikut adalah tips dari Dennis Kravetz, seorang psikolog asal Amerika, agar Anda selalu berjiwa muda sehingga Andapun akan tetap tampil muda.

Jangan Bertingkah Seperti Umur Anda

Menurut Kravetz, “Anda menjadi tua karena Anda bilang seperti itu. Merasa menjadi tua berarti Anda telah melengkapi takdir Anda sendiri untuk menjadi semakin tua.” It’s all is in your mind. Jadi kalau Anda ingin awet muda, jangan pernah berpikir dan merasa bahwa Anda sudah tua. Bila Anda sudah berumur lebih dari setengah baya, jangan bersikap lemah tak bertenaga seolah-olah tenaga Anda sudah terkuras habis seiring waktu. Tetaplah melakukan aktivitas Anda seperti biasa.

Jangan Pernah Berhenti Belajar

There are huge difference between growing older and growing up. Jangan merasa paling pintar dan paling berpengalaman dalam segala hal sehingga tidak mau mendengarkan pendapat dari orang yang berusia lebih muda. Selain dari orang lain, membaca adalah cara termudah untuk mendapatkan banyak ilmu. Perbanyaklah membaca berbagai jenis buku dan surat kabar. Tahukah Anda, orang yang mau terus membuka mata dan belajar dalam hidup dari siapapun dan dimanapun, terbukti kesehatannya tidak mudah menurun.

Jangan Menyerahkan Semua Kepada Mesin

Lakukanlah banyak aktivitas dengan menggunakan kekuatan tubuh Anda sendiri selama Anda mampu. Dengan demikian otot Anda selalu terlatih dan Anda dapat mempertahankan fungsinya. Misalnya, Jangan gunakan sepeda motor atau bahkan mobil hanya untuk membeli makanan yang berjarak 200 meter dari rumah Anda. Peralatan modern boleh Anda gunakan saat Anda benar-benar membutuhkannya.

Umur bukanlah alasan untuk Anda berhenti mengejar impian Anda dan hal-hal yang dapat membuat Anda berbahagia. Tetap bersemangat dalam menjalani kehidupan dan cintailah hidup Anda dengan menjaga bukan hanya kesehatan fisik namun juga kesehatan mental Anda. Tentukan tujuan atau cita-cita jangka pendek dan jangka panjang karena hal tersebut akan membuat pikiran Anda terus tumbuh berkembang dan tidak mengalami penurunan.

Blog Comments: (One comment so far)

  1. Pingback: 5 Pengaruh Buruk Kurang Tidur pada Kesehatan Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>