Cara Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

Tweet

Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, hal pertama yang mutlak adalah mengoptimalkan kesehatan anak. Agar sehat, anak harus mengonsumsi gizi yang baik.

Bila membaca judul di atas, mungkin kita berpikir mengoptimalkan tumbuh kembang anak adalah tanggung jawab orang tua. Padahal, siapa pun bisa berperan dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak untuk menciptakan penerus bangsa yang sehat, kuat, ga gampang sakit dan cerdas. Caranya adalah dengan berbagi, memperkenalkan nutrisi yang tepat agar tumbuh kembang anak-anak di sekitar kita bisa optimal.

Apa perbedaan tumbuh dan berkembang?

Tumbuh artinya anak bertambah besar dan tinggi, sementara berkembang artinya anak semakin cerdas dan terampil.

Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, hal pertama yang mutlak adalah mengoptimalkan kesehatan anak. Agar sehat, anak harus mengonsumsi gizi yang baik.

Apa kriteria anak bergizi baik?

Menurut ahli gizi Dr. dr. Anie Kurniawan, M.Sc, SpGK (Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia), ada 10 tanda umum anak bergizi baik yang penting dicermati oleh orang tua, yaitu :

  1. Seiring bertambahnya umur, berat dan tinggi badan anak bertambah.
  2. Postur tubuh tegap dan otot padat.
  3. Rambut berkilau dan kuat, karena cukup asupan zat gizi makro, seng, serta vitamin C dan E.
  4. Kulit serta kuku bersih dan tidak pucat, karena cukup asupan vitamin A, C dan E.
  5. Wajah ceria, mata bening dan bibir segar. Kejiwaan anak ditandai dengan sifat ceria, aktif berkomunikasi dan mau berteman.
  6. Gigi bersih, gusi merah muda berkilat dan lidah bersih, artinya anak cukup asupan niasin, asam folat, riboflavin dan vitamin B12.
  7. Nafsu makan baik dan buang air besar teratur.
  8. Fungsi motorik sehat,  anak bergerak aktif sesuai umur, lincah bermain dan berbicara lancar sesuai umur.
  9. Anak sehat itu cerdas : penuh perhatian, memiliki rasa ingin tahu, bereaksi aktif dan berprestasi.
  10. Anak dapat tidur nyenyak, anak bergizi baik (tidak kegemukan) tidur lebih banyak.

Inilah zat gizi lengkap yang dibutuhkan agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal:

  • Zat gizi makro, yaitu nutrisi utama yang dibutuhkan untuk sumber energi. Nutrisi ini bisa diperoleh dari makanan yang mengandung karbohidrat (nasi, kentang, singkong dll), protein (telur, daging, ikan, susu dll) dan lemak (daging, minyak, DHA dll).
  • Zat gizi mikro, yaitu nutrisi tambahan yang meski dibutuhkan dalam jumlah sedikit, namun sangat penting untuk mendukung fungsi nutrisi utama. Nutrisi ini bisa diperoleh dari makanan yang mengandung vitamin dan mineral, seperti sayur, buah dll.

Sebenarnya semua zat gizi tersebut bisa diperoleh dari aneka makanan, namun yang sering terjadi adalah umumnya anak susah makan, terutama saat anak berusia 6 bulan dan mulai diperkenalkan dengan makanan padat. Padahal, pada usia tersebut, anak sangat membutuhkan nutrisi untuk perkembangan gerak, komunikasi dan otak. Kekurangan salah satu nutrisi saja dapat berakibat fatal.

Agar nafsu makan anak baik dan kecerdasannya optimal, orang tua perlu memperhatikan beberapa faktor berikut:

  • Faktor fisik : apakah terjadi gangguan pada organ pencernaan anak, mulai dari mulut, lambung, usus sampai proses BAB?
  • Faktor psikis : anak harus menikmati makanannya dalam suasana yang menyenangkan, terutama saat anak mulai belajar makan, yang merupakan kesempatan bagi orang tua untuk menanamkan disiplin dan mengajarkan pola makan yang baik.
  • Faktor lingkungan : pengaruh anggota keluarga lain atau pengaruh teman, misalnya jajan atau tergiur makanan yang dimakan oleh teman-temannya.
  • Minum Kurkur dikombinasikan dengan TARA Kid.

Blog Comments: (3 comments so far)

  1. Pingback: Tips Menyimpan dan Memberikan Air Susu Ibu atau ASI

  2. Pingback: Cara Mengatasi Anak Susah Makan

  3. Pingback: Menyeimbangkan Otak Kanan dan Kiri Anak Lewat Kebiasaan Sehari-hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>