CARA SEHAT & AMAN MENDAPATKAN BERAT BADAN IDEAL

Tweet

Banyak dari kita pasti sudah memahami pentingnya memiliki berat badan ideal. Dalam pergaulan, Anda yang memiliki berat badan ideal biasanya berpenampilan menarik karena dengan postur tubuh proporsional Anda mudah sekali untuk berbusana serasi dengan berbagai model pakaian yang up to date.
Lebih dari itu, banyak penelitian membuktikan menjaga berat badan ideal dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit degeneratif, seperti Penyakit Jantung Koroner (PJK), stroke, Diabetes Mellitus, kolesterol, asam urat, osteoporosis serta radang sendi dan rematik.

Berat badan ideal, selain terlihat langsung dari postur tubuh, juga dapat diukur dengan beberapa parameter berikut:

  1. Indeks Masa Tubuh (IMT), yang dihitung dengan rumus = berat badan (kg)/(tinggi badan2) (meter).
    Kriteria IMT menurut World Health Organization (WHO):
    BMI BMI 18,5 – 24,9  = Normal
    BMI 25 – 29,9 = Overweight (berat badan berlebih)
    BMI > 30 = Obesitas (gemuk)
  2. Ukuran lingkar pinggang; walaupun IMT normal, tetapi lingkar pinggang berlebih, maka seseorang tetap dianjurkan menurunkan berat badan. Ukuran lingkar pinggang normal bagi wanita
  3. Body Fat Analyzer (BFA) untuk mengukur komposisi lemak tubuh, karena tujuan menurunkan berat badan yang benar adalah menurunkan lemak tubuh. Pengukuran BFA dilakukan dengan alat khusus.

Termasuk idealkah berat badan Anda? Keinginan untuk memiliki berat badan ideal membuat sebagian orang menempuh berbagai cara yang belum tentu aman dan sehat, bahkan tak jarang menimbulkan masalah kesehatan.

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan secara aman, di bawah ini kami rangkumkan beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan oleh mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan dan jawabannya.

Tanya:

Benarkah faktor keturunan mempengaruhi postur tubuh seseorang (kegemukan)?

Jawab:

Walaupun ada faktor keturunan yang dapat menyebabkan kegemukan, namun faktor kebiasaan dan pola hidup tetap memegang peranan kunci, faktor pemicu kegemukan adalah:

  • Kebiasaan makan tinggi kalori dan  kurang gerak. Kelebihan kalori yang masuk lebih banyak daripada kalori yang dibutuhkan akan disimpan dalam bentuk cadangan energi yaitu lemak.
  • Konsumsi obat dan alkohol.

 

Tanya:

Mengapa berat badan saya sulit turun dan mudah naik lagi?

Jawab:

  • Menurunkan berat badan sedikit-sedikit lebih aman daripada drastis. Penurunan berat badan yang aman adalah 0,5-1 kg/minggu, atau 2-4 kg/bulan (dr. Fiastuti Witjaksono Dokter Spesialis Gizi Klinik RSCM).
  • Kunci penurunan berat badan yang bertahan lama terletak pada disiplin untuk menjalankan dan mempertahankan pola hidup yang sudah baik:
  1. Mengonsumsi menu dengan komposisi yang seimbang adalah 40-60 % karbohidrat kompleks (nasi, kentang, sereal), 20-30 % lemak (terutama lemak tak jenuh) dan
  2. Cukup asupan air, cara menghitung kebutuhan air setiap hari (liter) = (berat badan x 7)/100.
    Semakin berat badan Anda semakin banyak air yang Anda butuhkan.
  3. Rutin melakukan aktivitas fisik, luangkanlah waktu minimal 30 menit sebanyak 2-3 kali seminggu untuk berolah raga ringan.

Salah satu kendala yang sering dialami saat menjalani diet penurunan berat badan atau mempertahankan berat badan adalah kesulitan mengendalikan asupan makanan, karena rasa lapar atau lemas dan merasa kekurangan energi. Karena itu Anda membutuhkan Nature Citrimax, suplemen yang aman untuk mengendalikan asupan makanan tanpa menimbulkan rasa lapar.

Nature Citrimax adalah suplemen yang dapat menurunkan dan mempertahankan berat badan secara aman tanpa menyebabkan ketergantungan, karena bekerja dengan cara:

  • Membantu proses pembakaran lemak tubuh.
  • Menghambat pembentukan dan penimbunan lemak.
  • Menghambat keinginan untuk makan lebih banyak dengan memberikan sensasi kenyang, sehingga asupan kalori berkurang.

Dengan mengonsumsi Nature Citrimax, Anda tidak perlu kuatir menjadi lemas atau kekurangan nutrisi, karena Nature Citrimax dilengkapi dengan nutrisi lain:

  • D-L Methionine, berperan sebagai sumber sulfur yang dapat meningkatkan produksi lecithin dalam sel hati.
  • Choline Bitartrate, mengatasi peningkatan kolesterol dan
    mencegah aterosklerosis.
  • Inositol, berfungsi mempercepat masuknya glukosa dalam sel dan mempercepat pemanfaatannya.
  • L-Carnitine Tartrate, merubah lemak jadi energi tanpa menimbulkan rasa lapar.
  • Pyridoxine HCl (vitamin B6), berperan dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak, sangat efektif mengurangi nafsu makan.
  • Cyanocobalamin (vitamin B12), berperan dalam pembentukan sel darah merah, sehingga sangat dibutuhkan oleh mereka yang sedang menjalani penurunan berat badan untuk mencegah anemia.
  • Folic Acid (vitamin B9), terbukti efektif menurunkan berat badan hingga 7,7%.
  • Chromium, berperan penting dalam mengontrol rasa lapar serta menurunkan berat badan.

Nature Citrimax adalah suplemen yang aman dan sangat dibutuhkan oleh:

  • Mereka yang mempunyai masalah kelebihan berat badan (overweight) dan kegemukan (obesitas).
  • Mereka yang ingin mendapatkan dan mempertahankan tubuh ideal dan berat badan seimbang.
  • Mereka yang ingin menjaga kesehatan tubuhnya agar terhindar dari risiko penyakit degeneratif: penyakit jantung, Stroke, kencing manis dll.

Ini adalah kesempatan bagi Anda, para Mitra TARA untuk mendapatkan penghasilan sekaligus membantu orang-orang yang Anda kenal mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: