Atur masa kehamilan dan persiapan persalinan

Tweet

Bagi wanita terutama wanita karier, cerdas dalam mengatur masa kehamilan dan melakukan persiapan persalinan adalah penting.

Bagi wanita modern, karier sudah menjadi kebutuhan. Namun demikian, peran dan kodrat sebagai wanita pun tidak boleh ditinggalkan. Di sinilah wanita harus cerdas membagi peran. Apalagi suami istri yang memutuskan untuk menikah dan memiliki keturunan dan ingin keturunan yang sehat harus benar-benar memikirkan masalah finansial dan masa depan anak, agar anak bisa mendapatkan nutrisi dan pendidikan yang baik.

Berikut tips bagi wanita karier yang tengah menanti kehadiran si buah hati:

  • Rencanakan cuti hamil secara cerdas. Usahakan agar Anda bisa cuti lebih lama setelah melahirkan. Manfaatkan waktu  sebaik mungkin untuk mempererat ikatan batin antara ibu dan bayi serta untuk melatih pengasuh bayi ibu.
  • Aturlah jadwal aktivitas Anda, terutama karena selama masa kehamilan, wanita hamil dianjurkan untuk  berolahraga. Pastikan aktivitas Anda tetap terjaga tanpa mengganggu kewajiban Anda  di kantor.
  • Saat berangkat kerja, usahakan berangkat lebih awal, sehingga Anda tidak terlalu berdesak-desakan atau berdiri dalam waktu lama di kendaraan umum. Demikian pula saat pulang, usahakan untuk tidur lebih awal.
  • Perhatikan benar nutrisi yang Anda konsumsi, lihat artikel ‘Tips Melahirkan Anak Cerdas’ dengan Mempersiapkan masa kehamilan dan persiapan persalinan secara baik.
  • Jangan lewatkan masa memberikan ASI eksklusif. Selama hamil, carilah ilmu sebanyak-banyaknya tentang ASI dan menyusui, komunikasikan keinginan ini kepada keluarga terutama suami untuk mendapatkan dukungan. Segera setelah melahirkan, lakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD).
  • Mulailah mencari informasi tempat penitipan anak atau penjaga bayi (baby sitter) yang bisa diandalkan sejak kehamilan dan jangan mendadak setelah melahirkan. Ini akan membantu Anda  memiliki waktu untuk mendidik penjaga bayi serta mengamati apakah sesuai dengan kriteria atau tidak.
  • Persiapkan cara memberikan ASI eksklusif saat Anda mulai bekerja nanti.

Kehamilan adalah salah satu momen terpenting bagi seorang wanita dan kehadiran buah hati membawa suasana ceria dalam keluarga. Dengan perencanaan dan persiapan yang matang, keinginan Anda memiliki anak yang cerdas, sehat dan membanggakan pasti dapat terwujud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>