Omega-3 Melindungi Anda Dari Penyakit Jantung Koroner

Tweet

Penyakit Jantung Koroner masih menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia. Namun ada kabar baik untuk Anda, 80% Penyakit Jantung Koroner dapat dicegah dengan kesadaran mengubah pola hidup.

Berikut adalah pola hidup sehat yang dianjurkan untuk diubah, agar Anda terhindari dari Penyakit Jantung Koroner:

Pola hidup sehat

  1. Rutin berolah raga ringan min. 3 kali seminggu, masing-masing 30 menit/hari.
  2. Rajin berjalan kaki atau bersepeda.
  3. Berusaha rileks dan berlatih mengendalikan stress.
  4. Mengontrol berat badan.
  5. Mengontrol kadar kolesterol, gula dan tekanan darah.
  6. Mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan mengandung asam lemak tak jenuh, mengkonsumsi gula dan garam secukupnya.
  7. menghindari rokok dan alkohol.

Mengapa kita dianjurkan mengonsumsi asam lemak tak jenuh dan menghindari lemak jenuh?
Kita dianjurkan mengonsumsi asam lemak tak jenuh dan menghindari lemak jenuh karena:

  • Pada suhu ruang dan suhu tubuh lemak jenuh akan berwujud padat, sehingga berisiko menumpuk dan mengendap di pembuluh darah. Akibatnya, pembuluh darah menyempit (atherosklerosis). Atherosklerosis adalah faktor utama penyebab Penyakit Jantung Koroner.
  • Sementara asam lemak tak jenuh berwujud cair pada suhu ruang. Dengan demikian, saat dikonsumsi asam lemak tak jenuh akan tetap berwujud cair, sehingga tidak akan mengendap di pembuluh darah. Kita pun tetap sehat.

Salah satu asam lemak tidak jenuh yang banyak manfaatnya adalah Omega-3Omega-3 tergolong asam lemak esensial, artinya tubuh membutuhkan zat ini namun tubuh tidak dapat membentuknya sehingga hanya dapat diperoleh melalui makanan.  Omega-3 memiliki beberapa bentuk antara lain:

  • EPA (Eicosapentaenoic acid) dan DHA (Docosahexaenoic acid) yang berasal dari minyak ikan.
  • ALA (Alpha Linolenic Acid), yang berasal dari sumber makanan nabati, seperti kedelai, kanola, kenari dan biji rami.
Sebenarnya tubuh dapat mensintesa EPA dan DHA dari ALA, namun harus melalui reaksi enzimatik yang cukup panjang.
Manfaat masing-masing asam lemak esensial yang tergolong ke dalam omega-3 di atas adalah :
  • EPA (Eicosapentaenoic Acid), berfungsi menjaga dari serangan jantung, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), menurunkan kadar trigliserida darah serta menstabilkan tekanan darah.Banyak penelitian sudah membuktikan manfaat EPA dalam menurunkan risiko Penyakit Jantung Koroner, yang terjadi melalui beberapa mekanisme :
    • Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.
    • Mencegah terbentuknya plak atherosklerosis.
    • Mencegah terbentuknya clot atau gumpalan darah.
    • Menormalkan tekanan darah.
    • Menurunkan risiko gangguan irama jantung.
  • DHA (Docosahexaenoic Acid), berfungsi meningkatkan kerja saraf, kecerdasan otak dan daya ingat serta menghambat kepikunan.

Untuk menjaga kesehatan jantung, American Heart Association (AHA) menyarankan agar kita mengonsumsi ikan yang banyak mengandung asam lemak omega-3 setiap hari. Namun karena kita tidak selalu mampu mencukupkan kebutuhan asam lemak omega-3 dari makanan, kita dianjurkan menambahkan suplemen omega-3.

Blog Comments: (3 comments so far)

  1. Pingback: Pertahankan Kesehatan di Masa Tua dengan Suplemen

  2. Pingback: 9 Jenis Makanan Penambah Stamina di Bulan Puasa

  3. Pingback: Donor Darah Yuk Biar Sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>