Orang Tua Cermat Menjadikan Anak Cerdas

Tweet

Orang tua pasti senang kalau mempunyai anak yang cerdas, ber-IQ (Intelligence Quotient) tinggi.

Anak cerdas bukanlah suatu kebetulan. “Meski faktor keturunan memegang peran terbesar (40-50%) dalam menentukan kecerdasan dan kreativitas, kita dapat mengoptimalkannya dengan mengoptimalkan faktor kesehatan anak, melalui pemberian nutrisi tepat sejak anak di dalam kandungan hingga 5 tahun pertama kehidupannya (golden age), karena nutrisi berperan 30-40% dalam menentukan kecerdasan anak (Prof. Dr. A. Purba, dr., MSc., AIFO, Fak. Kedokteran UNPAD).

Dr. Alan Logan, penulis buku ‘The Brain Diet : The Connection Between Nutrition, Mental Health, and Intelligence’ mengungkapkan, makanan yang dikonsumsi ibu saat hamil mempengaruhi perkembangan otak dan kecerdasan anak. Prof. Darwin Karyadi (1998) mengungkapkan, ada 2 cara memenuhi kebutuhan gizi ibu, yaitu :

• Mengonsumsi suplemen gizi

Konsumsi suplemen Omega-3 (DHA) sangat dibutuhkan oleh janin untuk perkembangan otak. Konsumsi suplemen yang mengandung asam folat (Vitamin B9), yang sangat diperlukan pada tahap awal pembentukan otak dan sumsum tulang belakang anak.

• Memperbaiki pola dan kebiasaan makan (food based), seperti memperbanyak sayuran dan buah berwarna, yang efektif menjaga suasana hati dan mengatur bahan kimia alami seperti serotonin

Setelah anak lahir, kebutuhan Omega-3 untuk perkembangan otak anak dapat dipenuhi dari ASI, di mana Ibu tetap mengonsumsi suplemen Omega-3 (Nature EPA Omega-3 Plus), maupun dari makanan anak itu sendiri yang mengandung DHA (TARA Kid), Vitamin A, dan Vitamin D yang akan bekerja di 3 organ utama :

• Otak

DHA (Docosahexaenoic Acid) adalah salah satu asam lemak pembentuk otak yang terpenting, karena berperan dalam menambah jumlah sel otak, cabang-cabang sel otak, neurotransmiter otak, dan reseptor sel otak.

• Mata

60% asam lemak pembentuk retina adalah DHA. Selain DHA sebagai komponen utama retina, fungsi penglihatan sangat didukung oleh tercukupinya kebutuhan Vitamin A untuk menjaga integritas retina agar dapat menyesuaikan diri terhadap cahaya yang masuk ke dalam mata.

Fungsi penglihatan merupakan bagian dari kecerdasan dan perkembangan otak (Dwi Putro Widodo, dr., Sp.A(K), MMed).

• Tulang dan gigi

Vitamin D mutlak dibutuhkan untuk penyerapan kalsium dan fosfor yang berperan dalam pembentukan tulang dan gigi anak. Dengan tulang dan gigi yang sehat, aktivitas motorik anak akan berjalan optimal, seperti memegang, menulis, berjalan, berlari, dan melompat, juga agar anak dapat mengunyah makanan dengan baik. Perkembangan kecerdasan anak pun lebih optimal.

Tips Pola Pengasuhan Agar Anak Cerdas

  • Peran Ibu Dalam Perkembangan Kecerdasan Anak

Dalam buku “Anak Cerdas Dengan IQ 200 Ditentukan Oleh Ibunya”, disebutkan peran ibu yang benar pada masa golden age sangat menentukan kecerdasan anak. Buku tersebut membeberkan tips ampuh yang harus dilakukan terutama oleh ibu bekerja karena waktu bersama dengan anak sangat terbatas. Tetapi sebenarnya juga perlu diperhatikan oleh ibu rumah tangga yang full-time, yang biasanya merasa punya waktu banyak dengan anak, tapi justru tidak melakukan aktivitas berkualitas bersama anak secara konsisten.

Kuncinya, luangkan 1 jam khusus setiap hari untuk berinteraksi melalui kegiatan yang efektif bagi perkembangan kecerdasan , seperti yang dilakukan oleh Sakane, wanita karier yang berhasil mendidik anaknya Akio (3 th 5 bln) sehingga mencapai IQ 198, sementara IQ rata-rata anak 90-109.

Setiap pagi Sakane harus menitipkan Akio di Tempat Penitipan Anak dan dijemput sepulang kerja. Sebelum makan malam Sakane meluangkan 1 jam khusus. Dia menggunting gambar-gambar menarik dari buku/majalah, kemudian dibuatnya kartu bergambar dan ditunjukkannya kepada Akio satu per satu, sebagai olah raga otak. Akio sangat senang dan dengan sungguh-sungguh melihat gambar yang berubah dengan cepat dan terus menerus. Begitu Akio mulai bisa bicara, Sakane menyadari ternyata Akio mengerti apa yang diajarkannya melalui gambar.

Setelah itu Sakane mulai memperkenalkan Dots Card hasilnya sebelum genap berusia 4 tahun, Akio mulai menguasai perhitungan akar dan persamaan tingkat tinggi.

Waktu ibu bersama anak begitu berharga bagi perkembangan kecerdasan anak, lalu bagaimana dengan peran ayah?

  • Peran Ayah Dalam Perkembangan Kecerdasan Anak

Menurut Erik H. Erikson, tokoh psikologi perkembangan anak, peran ayah adalah meletakkan dasar agar anak bisa menghadapi masalah atau memiliki keterampilan problem solving, sedangkah peran ibu berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan caring dan loving. Diskusikanlah pola pengasuhan anak bersama suami, misalnya buat rencana “waktu khusus bersama bayi Anda”, maka Anda akan menemukan keahlian untuk menjadi orang tua dan membangun rasa percaya diri.

Peran ayah dan ibu dalam proses pengasuhan anak sama pentingnya dalam mengoptimalkan kecerdasan anak. Karena itu, ciptakanlah suasana kesetaraan.

Blog Comments: (4 comments so far)

  1. Pingback: Atur masa kehamilan dan persiapan melahirkan

  2. Pingback: Cara Mengatasi Anak Susah Makan

  3. Pingback: Yuk Contoh Cara Komunikasi Pangeran William dengan Anaknya!

  4. Pingback: Biarkan Anak-anak Anda Bermain di Luar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: