Tetap Sehat Selama Berlibur

Tweet

liburan terap sehatBerlibur adalah aktivitas yang sangat menyenangkan dan pasti ditunggu-tunggu. Apa rencana Anda? Pergi bersama teman atau keluarga? Tapi tunggu dulu… bagaimana dengan diet Anda? Jangan sampai sehabis liburan berat badan naik dan stamina malah menurun.

Inilah kiat agar liburan Anda tetap menyenangkan sekaligus menyehatkan :

  1. Menjaga aktivitas tubuh :
    • Tetap berolah raga secara rutin. Fasilitas kebugaran, lapangan olah raga atau kolam renang biasanya tersedia di hotel.
    • Berolahragalah di pagi hari ketimbang di sore hari, di mana Anda sudah lelah beraktivitas seharian.
    • Berjalanlah ke pusat wisata di sekitar hotel Anda, mal, pasar, bangunan bersejarah atau perkebunan.
    • Bila Anda berlibur di pantai, berjalan atau berlari di pasir lunak dapat membakar kalori 20-50% lebih banyak, karena lebih sulit bagi kita untuk berjalan di pasir.berlibur di oantai pasir putih
  2. Pastikan Anda cukup beristirahat :
    • Bila perjalanan memakan waktu cukup lama, usahakan Anda beristirahat selama di perjalanan.
    • Usir jetlag dengan mencoba berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 30 menit atau mengonsumsi suplemen agar Anda mendapatkan tidur nyenyak berkualitas di malam hari.
    • Hindari stress, misalnya karena kemacetan atau hambatan lain. Untuk mengatasinya carilah tempat yang tidak terlalu ramai, ambil napas panjang beberapa kali dan pikirkan hal positif. Lakukan hal yang Anda sukai, mendengarkan musik, membaca atau hal lain.
    • Regangkan otot Anda, terutama setelah melakukan perjalanan jauh. Bila Anda mengemudikan kendaraan, mampirlah di tempat peristirahatan sejenak dan lakukan peregangan otot sambil beristirahat melepaskan ketegangan.
      • Kepala : gerakkan kepala ke atas-bawah, ke kiri-kanan dan putar secara bergantian masing-masing 10 kali.
      • Tangan : istirahatkan tangan kiri di pangkuan Anda. Tekuk tangan kanan ke sisi kiri hingga tangan berada di atas kepala Anda. Capai tangan kanan dengan tangan kiri Anda. Hitung sampai 10 sambil perlahan-lahan atur nafas. Lakukan hal yang sama pada tangan kiri.
      • Kaki : Tekuk lutut dan angkat kaki kanan dari lantai (seperti Anda mengambil langkah). Tahan. Hitung sampai 10, lalu letakkan kaki Anda kembali. Lakukan hal yang sama dengan kaki kiri Anda dan ulangi beberapa kali pada tiap kaki.
  3. Sediakan suplemen yang membantu memperlancar peredaran darah selama perjalanan.
  4. Pastikan dalam 1 hari Anda tetap minum minimal 8 gelas. Pilihlah air putih daripada minuman yang mengandung kafein, alkohol atau jus dalam kemasan.
  5. Perhatikan pola makan, karena saat berlibur banyak pilihan makanan yang menarik. Selain itu lama di kendaraan biasanya membuat kita lebih sering lapar dan membuat kita kebanyakan makan karbohidrat yang bisa merugikan kesehatan. Untuk mencegahnya :
    • Rencanakan sarapan sebelum bepergian dan siapkan snack sehat untuk sore hari (Deborah Enos, Ahli Gizi).  Selanjutnya, makanlah secara teratur sesuai jadwal makan.
    • Bila Anda tidak sempat sarapan, bawalah telur rebus, oatmeal, yoghurt, apel atau kacang-kacangan.
    • Kurangi asupan gula, saat perjalanan gula akan langsung dicerna dan bisa membuat Anda gemuk.
    • Jika Anda membawa muffin atau bagel, makan setengahnya saja karena keduanya mengandung kalori cukup tinggi.
    • Untuk mengantisipasi keterlambatan jadwal makan, selalu sediakan minuman herbal yang dapat menetralisir asam lambung.

Dengan liburan yang terencana dengan matang, pastikan Anda menikmatinya dan tetap sehat, sehingga setelah liburan Anda menjadi lebih fresh dan produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>