Tetap Sehat Selama dan Pasca Lebaran

Tweet

Menu khas lebaran adalah sajian manis, gurih dan bersantan. Ditinjau dari segi kesehatan memang kurang menyehatkan. Namun kita bisa menyiasatinya agar hidangan tetap nikmat sekaligus menyehatkan yang sangat praktis diterapkan di dapur sendiri. Berikut tipsnya yang dikutip dari Majalah Nirmala :

  1. Gantilah santan kental untuk opor dengan santan encer. Tambahkan bumbu rempah, sehingga citarasa hidangan tetap lezat.
  2. Pilihlah kacang merah dan kapri sebagai pengganti hati pada sambal goreng, dan kurangi porsi kentang.
  3. Pilihlah daging sapi tanpa lemak untuk rendang.
  4. Untuk hidangan nasi kuning, ganti santan dengan kaldu. Gunakan rempah sesuai selera.
  5. Untuk minuman manis, gantilah sirup sintetis dengan sirup buatan sendiri, tambahkan aroma jahe atau mint sebagai penambah citarasa.
  6. Untuk kue kering/cake : gantilah tepung terigu dengan racikan tepung beras : kanji : maizena dengan perbandingan 7 : 2 : 1. Ganti gula pasir dengan gula palem. Hidangkan kue dalam potongan/ukuran kecil (bitesize).

Saat bertandang ke rumah kerabat dan sahabat, jangan lupakan tips agar tetap sehat:

  1. Usahakan mengurangi porsi makan.
  2. Pilihlah lauk yang tidak bersantan, bila yang tersaji lauk bersantan, jangan konsumsi santannya.
  3. Perbanyak konsumsi air putih dibandingkan sirup atau sup buah.

Selain itu, dr. Ari F. Syam, Sp.PD, ahli penyakit dalam FKUI-RSCM memberikan tips cara menjaga stamina di tengah padatnya aktivitas selama lebaran :

  1. Selalu sempatkan diri Anda untuk beristirahat. Pastikan Anda cukup tidur.
  2. Di pagi hari sebelum beraktivitas, lakukan peregangan ringan.
  3. Mengonsumsi suplemen yang dapat meningkatkan stamina dan suplemen yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Selamat berlebaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>