10 MANFAAT OMEGA-3 yang paling utama

Tweet

omega 3Tahukah Anda apa suplemen no. 1 di Amerika? Bagi yang memiliki penyakit jantung, omega-3 sudah menjadi sahabat paling dekat karena memang selama ini omega-3 terpercaya menjadi suplemen andalan untuk membantu mencegah dan mengurangi resiko terserang penyakit jantung dan stroke. Namun yang belum banyak diketahui banyak orang, selain membantu pengobatan penyakit jantung, omega-3 memiliki segudang manfaat bagi tubuh, diantaranya:

  1. Mencegah Penyakit Jantung
    Bukti klinis menunjukkan bahwa EPA (eicosapentaenoic) dan DHA (docosahexaenoic) dapat mencegah dan membantu mengurangi faktor resiko kematian karena serangan jantung, stroke, dan irama jantung abnormal pada orang yang telah mengalami serangan jantung juga yang memiliki riwayat penyakit jantung.
    Hal ini dikarenakan omega-3 meningkatkan elastisitas arterial atau lebih dikenal dengan nama pembuluh darah arteri dan menurunkan resiko aritmia atau detak jantung abnormal. Karena itu bagi yang anggota keluarganya memiliki riwayat penyakit jantung sebaiknya sejak dini mengonsumsi suplemen omega-3 yang bebas kolesterol.
  2. Menurunkan kadar kolesterol tinggi
    Studi klinis  menyatakan bahwa dengan mengonsumsi minyak ikan 4 g/ hari yang mengandung omega 3 dapat mengurangi kadar trigliserid 25-30%, dan kadar LDL 5-10%. Berdasarkan studi klinis ini, omega 3 menjadi pilihan cerdas dalam membantu mengurangi kadar kolesterol untuk mencegah penyakit kardiovaskular.
  3. Meningkatkan Daya ingat
    Omega-3 sebagai makanan otak sangat penting untuk perkembangan membran sel pada sistem neurologis dari otak kita dan jalur sinyal. Hal ini telah terbukti secara ilmiah bahwa Omega-3 membantu perkembangan otak dan memori untuk anak-anak dan orang dewasa.
  4. Mengurangi rasa nyeri dan peradangan
    Peneliti di Universitas Pittsburgh Medical Center menemukan bahwa omega-3 memiliki kemampuan untuk memerangi peradangan. Terbukti hampir dua pertiga pasien penderita kronis leher dan punggung sakit berhasil mengatasi masalahnya dengan mengonsumsi omega-3. Setelah mengonsumsi omega-3, rasa sakit bisa membaik dalam waktu 20-30 hari.
  5. kesehatan Mata
    Omega-3 sangat baik untuk kesehatan mata dan penglihatan secara umum, karena Omega-3 merupakan komponen utama dari retina. Studi klinis yang membandingkan 350 orang yang memiliki kecenderungan berpenyakit degenerasi makula dengan 500 orang yang tidak berpenyakit mata. Kedua kelompok tersebut masing-masing mengonsumsi omega-3 dan omega-6. Hasilnya dengan kecukupan omega-3 dan omega-6 , Kedua kelompok tersebut terhindar dari resiko terkena degenerasi makula. Degenerasi makula adalah kerusakan mata bagian tengah retina yang terkait usia serius dan dapat berkembang menjadi kebutaan.
  6. Membantu mengurangi depresi.
    Orang yang sering mengalami depresi biasanya mereka yang kekurangan DHA. Omega-3 mengandung DHA yang berfungsi membantu kinerja dan produksi lemak dalam proses kimia sehingga dengan dapat meningkatkan efektivitas pengobatan karena mempengaruhi kinerja otak.
    Beberapa studi telah menemukan bahwa orang yang mengonsumsi omega-3 dan  obat antidepresan  memiliki peningkatan yang lebih besar dalam mengatasi depresi  dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi obat antidepresan saja.
  7. Mengurangi risiko pembekuan darah
    Omega-3 memiliki sifat antikoagulan yang mempengaruhi kemampuan trombosit untuk membekukan darah, sehingga peredaran darah menjadi lancar dan juga terhindar dari penyumbatan pembuluh darah yang berakibat stroke.
  8. Untuk wanita hamil
    Uji klinis pada Omega-3 membuktikan  bahwa omega-3 sangat penting dalam perkembangan kesehatan fisik dan mental bayi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang sedang merencanakan bayi atau sedang hamil atau sedang menyusui yang direkomendasikan mengonsumsi Omega-3 terbukti pertumbuhan bayinya lebih cepat. Selain itu terbukti anak-anak yang mengonsumsi Omega-3 dalam bentuk  suplemen memiliki kemampuan baca yang lebih baik.
  9. Mengurangi nyeri haid.
    Hasil Studi menunjukkan bahwa para wanita yang mengonsumsi suplemen Omega-3, rasa nyeri pada saat haid mengalami penurunan . Kedua jenis Omega-3 yaitu asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) diyakini dapat mengurangi tingkat prostaglandin. Tingkat prostaglandin yang tinggi pada wanita selama menstruasi membuat kontraksi rahim meningkat dan kejang otot.
  10. Rheumatoid Arthritis
    Studi klinis yang dilakukan pada subyek dengan rheumatoid arthritis melaporkan berkurangnya rasa sakit, kekakuan pagi, gejala seperti nyeri sendi, kekakuan dan inflamasi dengan mengonsumsi omega-3.

Selain sepuluh manfaat utama dari omega-3 di atas, masih ada banyak lagi manfaat lain dari suplemen luar biasa ini. Simak artikel berikutnya tentang kehebatan lain dari omega-3 ya.

sumber :

  1. Kris-Etherton P, Eckel RH, Howard BV, St. Jeor S, Bazzare TL. AHA Science Advisory: Lyon Diet Heart Study. Benefits of a Mediterranean-style, National Cholesterol Education Program/American Heart Association Step I Dietary Pattern on Cardiovascular Disease. Circulation. 2001;103:1823.
  2. Caron MF, White CM. Evaluation of the antihyperlipidemic properties of dietary supplements. Pharmacotherapy. 2001;21(4):481-487.
  3. Erickson KI, Voss MW, Prakash RS, Basak C, Szabo A, Chaddock L,Kim JS, Heo S, Alves H, White SM et al. Exercise training increases size of hippocampus and improves memory. Proc Nat Acad  Sci USA. 2011;3017–3022.
  4. Belluzzi A, Boschi S, Brignola C, Munarini A, Cariani C, Miglio F. Polyunsaturated fatty acids and inflammatory bowel disease. Am J Clin Nutr. 2000;71(suppl):339S-342S.
  5. Cho E, Hung S, Willet WC, Spiegelman D, Rimm EB, Seddon JM, et al. Prospective study of dietary fat and the risk of age-related macular degeneration. Am J Clin Nutr. 2001;73(2):209-218.
  6. Bradbury J, Myers SP, Oliver C et al. An adaptogenic role for omega-3 fatty acids in stress; a randomised placebo controlled double blind intervention study. Nutr J. 2004 Nov 28;3:20.
  7. Iso H, Rexrode KM, Stampfer MJ, Manson JE, Colditz GA, Speizer FE et al. Intake of fish and omega-3 fatty acids and risk of stroke in women. JAMA. 2001;285(3):304-312.
  8. Makrides M, Gibson RA, McPhee AJ, et al. DOMInO Investigative Team, authors. Effect of DHA supplementation during pregnancy on maternal depression and neurodevelopment of young children: a randomized controlled trial. JAMA. 2010;304:1675–1683.
  9. Riediger ND, Othman RA, Suh M, Moghadasian MH. A systemic review of the roles of n-3 fatty acids in health and disease. J Am Diet Assoc. 2009 Apr;109(4):668-79.
  10. Bahadori B, Uitz E, Thonhofer R, et al. omega-3 Fatty acids infusions as adjuvant therapy in rheumatoid arthritis. JPEN J Parenter Enteral Nutr. 2010; 34(2):151-5.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>