Bersihkan Arteri dengan 5 Jenis Makan Super Ini

Tweet

Jantung merupakan organ tubuh yang paling vital, karena jika jantung berhenti berdetak maka sama saja kehidupan seseorang berakhir. Salah satu penyebab terganggunya fungsi jantung adalah penyumbatan arteri. Apabila darah tidak mengalir (bersirkulasi) dengan baik di arteri, maka organ-organ lainnya tidak bisa berfungsi dengan maksimal, karena arteri berguna untuk mengangkut darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Laju aliran darah dalam pembuluh arteri dapat terganggu oleh adanya endapan atau deposit lemak yang menempel di dinding dalam (endotel), dan inilah yang disebut plak. Plak terjadi karena kadar kolesterol total dan LDL (lemak jahat) tinggi.Karena itulah penting bagi kita menjaga arteri agar terbebas dari plak.

5 jenis makanan ini dapat membantu mengikis plak di arteri Anda:

1.Asparagus

Asparagus termasuk kedalam golongan Sayuran hijau yang dikenal sangat sehat, yang juga dikenal sebagai makanan pembersih arteri. Hal ini membantu meningkatkan produksi glutathione dalam tubuh, yaitu antioksidan yang membantu melawan peradangan dan mencegah oksidasi yang dapat menyebabkan arteri tersumbat. Selain itu, asam alfa-linoleat dan asam folat dalam asparagus juga membantu mencegah pengerasan arteri.

2.Brokoli

Para peneliti di Imperial College London mengatakan bahwa setidaknya mengonsumsi 1 cangkir brokoli setiap hari bisa mencegah penyumbatan arteri. Sayuran ini kaya akan sulforaphane yang membantu tubuh menggunakan protein untuk mencegah pembentukan plak di arteri.

Karena brokoli juga tinggi vitamin K, maka hal ini sekaligus mencegah kalsium merusak arteri. Selain itu, serat tinggi dari brokoli juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kadar kolesterol.

Mengonsumsi 2 hingga 3 porsi brokoli setiap minggu sangat baik untuk kesehatan. Pilih pengolahan yang bebas minyak, misalnya panggang atau kukus untuk memperoleh manfaat kesehatan bagi jantung.

3.Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang baik dan sehat untuk jantung adalah jenis proses dingin atau extra-virgin. Hal ini kaya akan antioksidan yang disebut dengan polifenol dan jenis lemak tak jenuh tunggal. Perpaduan antioksidan dan lemak sehat membantu mengurangi LDL dan meningkatkan kadar lemak baik atau HDL dan membantu mengurangi penumpukan plak di arteri Anda.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Pusat Jantung Farmakologi di Mainz, Jerman, peneliti menemukan bahwa asupan bawang putih rutin dapat membantu mencegah pengerasan aorta.

Hal ini akan meningkatkan kesehatan arteri Anda dengan jalan mengurangi tingkat kolesterol LDL. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa manfaat bawang putih bagi kesehatan jantung seiring orang bertambah tua.

Anda dapat mengonsumsi 1 hingga 4 siung bawang putih mentah setiap hari. Anda juga bisa memasukkannya ke dalam sup, semur, dan jenis masakan lain. Bila Anda tidak sanggup mengonsumsi bawang putih mentah, atau bahkan anti sama sekali dengan abwang putih, Anda dapat mendapatkan manfaat bawang putih dengan rutin mengonsumsi Circulan yang mengandung garlic oil, yang mempunyai efek menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

4.Semangka

Sebuah studi yang dilakukan 2011 oleh University of Kentucky menemukan bahwa asam amino L-citrulline yang ditemukan dalam semangka membantu menurunkan tekanan darah; membantu memperlebar pembuluh darah dengan cara merangsang produksi oksida nitrat. Selain itu, semangka juga diketahui membantu memodifikasi lemak darah dan menurunkan akumulasi lemak perut, yang akhirnya mengurangi risiko yang terkait dengan akumulasi plak, yaitu arteri koroner dan penyakit jantung.

5.Ikan salmon

Ikan yang terkenal di negara Jepang ini kaya akan asam lemak omega-3 sehat yaitu docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) yang bermanfaat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), sekaligus menurunkan kadar trigliserida dan menurunkan peradangan pembuluh darah dan pembentukan bekuan darah di arteri.

The American Heart Association merekomendasikan untuk makan 2 sampai 3 ons salmon setiap minggu. Agar lebih simpel, minum saja suplemen yang mengandung omega-3 murni yang berasal dari ikan, Nature EPA  yang telah melalui 3 kali proses penyaringan sehingga omega-3 yang dihasilkan lebih murni dari pada suplemen omega-3 lain yang dijual di pasaran.

Sumber:

pnas.org

imperial.ac.uk

circ.ahajournals.org

urmc.rochester.edu

news.osu.edu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>