5 Pengaruh Buruk Kurang Tidur pada Kesehatan Kulit

Tweet

Tahukah Anda? Dengan tanpa makanan sama sekali, seseorang masih mampu bertahan hidup sekitar 40 hari, sedangkan tanpa tidur seseorang hanya mampu bertahan hidup selama 11 hari.

https://static1.squarespace.com/static/54ced80ee4b0aa862f974cbf/55118e83e4b03838f98a2c5f/552c253ce4b0f7e35329dca7/1429040458428/?format=1000w

Tidur adalah salah satu cara yang dapat dilakukan agar kecantikan kulit selalu terjaga. Terutama bagi Anda para wanita, Anda mungkin sudah mengeluarkan uang jutaan rupiah hanya untuk perawatan dan kosmetik, namun kondisi kulit tetap tidak bertambah baik. Ternyata kondisi kesehatan kulit juga amat dipengaruhi oleh banyaknya waktu tidur yang Anda miliki. Tidak percaya? Mari kita simak, apa saja akibat kurang tidur bagi kesehatan kulit kita:

1. Menyebabkan mata panda

Pada saat Anda kurang tidur, pembuluh darah di area bawah mata akan membengkak, sehingga warnanya berubah menjadi merah kebiruan. Hal inilah yang menjadikan lingkaran hitam tampak lebih gelap dari biasanya. Mata panda pun akan tercipta dengan mudah. Karena itu, biasakan untuk menjaga porsi tidur, setidaknya enam jam dalam sehari. Baca artikel tentang mata panda berikut.

2. Menyebabkan kulit kusam

Dr. Guy Meadows, salah satu pakar tidur dalam penelitian ini menyatakan bahwa tidur adalah waktu terpenting bagi tubuh untuk melakukan penyembuhan, memperbarui sel, dan menghilangkan racun dari tubuh. Ketika tidur berkurang, tubuh pun kehilangan waktu untuk melakukan fungsi tersebut sehingga pembaharuan kulit akan terhambat dan kulitpun menajdi kusam. Tanda-tanda kulit kusam dapat dilihat dari munculnya bintik hitam, apabila diraba akan terasa kasar, dan jika terkena keringat maka kondisi kulit semakin bertambah lusuh. Kondisi kulit yang demikian akan mengurangi keindahan kulit Anda.

3. Menyebabkan kulit cepat keriput

Hal ini disebabkan karena pada saat kurang tidur, tubuh akan lebih banyak melepaskan hormon kortisol atau hormon stress. Padahal hormon kortisol dalam jumlah yang berlebihan dapat memecahkan kolagen kulit, sementara fungsi dari kolagen itu sendiri untuk menjaga kehalusan kulit dan untuk membuat kulit tetap elastis. Anda dapat mengomsumsi HAPPY LINK 600 LYOPHILIZED ROYAL JELLY yang mengandung 200 mg lyophilized royal jelly setara dengan 600 mg royal jelly segar, yang sangat membantu peremajaan kulit dengan membentuk banyak kolagen baru di dalam kulit Anda.

4. Menyebabkan kulit berjerawat

Kurang tidur menyebabkan jerawat dan memperburuk jerawat yang sudah ada. Hal ini disebabkan oleh sekresi minyak berlebih akan dikeluarkan oleh Kelenjar minyak atau ‘sebaceous gland’ yang berada di bawah kulit saat tubuh dalam kondisi keletihan. Mengapa demikian? Karena di saat tubuh dalam keadaan letih, suhu akan meningkat dan  saat itulah penyumbatan pori-pori akibat akumulasi kotoran dan minyak berlebih terjadi sehingga memicu peradangan atau yang kita sebut jerawat.  Mengonsumsi TARA Vitamin C akan membantu memperbaiki kondisi kulit yang sedang berjerawat, karena vitamin C amat baik untuk membantu kulit dalam beregenerasi.

5. Menyebabkan dagu bergelambir

Saat kurang tidur, tubuh juga mengalami kesulitan dalam melakukan metabolisme karbohidrat. Kondisi inilah yang menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi, yang pada akhirnya mengakibatkan peningkatan insulin. Peningkatan insulin merupakan sinyal bagi tubuh untuk menyimpan energi yang tidak terpakai sebagai lemak. Di saat Anda begadang dalam kondisi duduk, darah akan sulit mengalir ke atas, aliran darah yang terus menerus ke tubuh bagian bawah akan menyebabkan distribusi darah yang membantu proses metabolisme tubuh akan terhambat, dan peredaran darah pun ikut terhambat, terutama ke tubuh bagian atas. Hal tersebut menyebabkan kulit di sekitar dagu dan leher mudah kendur dan pada akhirnya akan bergelambir.

Lantas apa solusinya? Tentu saja pertama-tama Anda harus mengatur jam tidur. Ada baiknya apabila Anda tidur sebelum pukul 22.00 karena puncak proses pembaharuan sel terjadi pada pukul 22.00, 30 kali lebih efektif dan sempurna dibandingkan jam lainnya.

Selain mempercepat waktu tidur, tindakan cerdas yang dapat anda lakukan adalah melakukan perawatan secara alamiah seperti mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayur-sayuran, juga berolahraga dengan teratur akan bekerja memperbaiki kondisi kulit Anda.

 

Sumber:
kampungwanita.com
amerikanki.com
allwomenstalk.com
bidanku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>