5 Olahraga yang Baik untuk Penderita Penyakit Jantung

Tweet

http://www.casasima.com/wp-content/uploads/2014/04/Jogging-Track.jpgPenyakit jantung sebenarnya banyak menghinggapi orang yang geraknya terbatas dan cenderung pasif. Salah satu penyebabnya adalah apabila tubuh kurang bergerak, apalagi kurang berolah raga, otot-otot tubuh akan cenderung pasif dan lemas. Demikian juga halnya yang terjadi dengan otot jantung menjadi lemah dan tidak terbiasa dengan aktivitas yang berlebihan.

Penyakit yang sudah dikenal lama sebagai pembawa kematian no. 1 di dunia ini amat mengerikan. Banyak yang meninggal karena tidak mengetahui bahwa ia menderita penyakit jantung atau memiliki riwayat penyakit jantung. Tiba-tiba pingsan dan berakhir di ruang opname. Tentu kita semua tidak ingin hal mengerikan tersebut terjadi pada diri kita. Organ jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh kita yang harus dijaga sebaik mungkin.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/67/Heart_diagram_blood_flow_en.svg/2000px-Heart_diagram_blood_flow_en.svg.pngSecara singkat, jantung kita berbentuk kerucut otot berongga, seukuran kepalan tangan terkepal, yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung terdiri dari empat rongga, serambi kanan dan kiri serta bilik kanan dan kiri. Pada sisi kiri jantung memompa darah beroksigen ke aorta dan ke seluruh bagian tubuh. Sisi kanan menerima darah dari vena cava dan memompanya ke dalam arteri pulmonalis. Untuk mendapatkan jantung yang sehat, tentu seseorang harus melakukan usaha seperti menjalankan gaya hidup sehat dan menghindari hal-hal yang berbahaya untuk jantung.

Salah satu gaya hidup sehat adalah dengan cara berolahraga. Tapi bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung, harus lebih cermat memilih olahraga yang tidak menaikkan resiko terkena serangan jantung.

Berikut adalah 5 jenis olahraga yang aman untuk penderita penyakit jantung:

1. Jalan-jalan

Olahraga dengan jalan kaki, jalan-jalan atau berolahraga jalan cepat atau brisk walking di pagi hari, selain murah juga sangat baik untuk jantung. Rutin berolahraga jalan cepat bisa meningkatkan detak jantung dan menurunkan tingkat kolesterol jahat sehingga menurunkan resiko serangan jantung, meningkatkan mood serta tentunya menjaga berat badan.

2. Berlari

Sebenarnya sama juga dengan olahraga jalan sehat yang murah dan menyehatkan, berlari pun juga baik untuk kesehatan jantung. Olahraga berlari dapat meningkatkan ketahanan tubuh dan jantung. Selain itu, olahraga ini juga dapat mengurangi jumlah lemak yang ada di sekitar jantung dan pembuluh darah atau dikenal dengan nama lemak visceral. Namun selama berlari, selalu pastikan detak jantung tidak berdetak terlalu cepat dan kencang.

3. Aerobik

Olahraga jenis ini dapat membantu melatih otot jantung agar semakin kuat ketika berolahraga. Gerakan-gerakan pada aerobik dapat membuat jantung memompa darah secara lebih efisien.

4. Berenang

Berenang dapat menurunkan tingkat stres, membantu pernapasan, melancarkan sirkulasi darah serta menjaga tekanan darah. Selain itu, dengan berenang seseorang dapat menggerakkan seluruh otot, yang mungkin sebelumnya tak pernah atau jarang digerakkan sama sekali.

5. Bersepeda

Olahraga bersepeda adalah salah satu cara untuk mengolah fisik kita dengan cara yang menyenangkan dan agar tubuh bergerak. Bersepeda sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah dan paru-paru. Dengan bersepeda secara teratur akan menurunkan risiko masalah jantung seperti stroke, serangan jantung dan lainnya.

Dengan melakukan olahraga di atas secara teratur akan melindungi jantung kita dari berbagai macam masalah dan penyakit. Namun patut diingat bahwa sebaiknya tidak melakukan olahraga secara berlebihan, karena juga bisa berimbas buruk bagi kesehatan jantung.

Selain berolahraga secara teratur, konsumsi omega-3 secara rutin dapat membantu mengurang resiko penyakit jantung. Karena omega-3 adalah asam lemak esensial yang akan membantu menaikkan HDL atau lemak baik sekaligus menurunkan LDL atau lemak jahat.

 

Sumber:
Detikhealth.com
unitedscience.com
http:healthinformation.name

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>