Nyam..nyam..nyam.. Bikin Burger Sehat Yuuuk!

Tweet

Berbagai gerai makanan cepat saji penyedia burger selalu ramai dikunjungi dan burger menjadi menu kesukaan yang paling banyak dipesan setelah ayam krispinya. Namun makanan cepat saji tersebut tentu saja tidak baik untuk kesehatan Anda. Diabetes, penyakit jantung, dan penyakit pembuluh darah lainnya, akan mengintai Anda yang sering mengonsumsi makanan tersebut. Tetapi ada alternatif lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat burger Anda menjadi lebih sehat dan tidak perlu menimbulkan perasan guilty pleasure setelah habis melahapnya.

Yang paling penting, ganti roti putih yang biasanya dipakai dengan roti gandum. Jangan lupa juga untuk menambahkan sayur-sayuran, seperti tomat, daun selada, atau mentimun. Jangan ragu menambahkan banyak sayuran ke dalamnya, karena selain bisa lebih memuaskan lambung Anda, serat yang terkandung di dalam sayuran itu amat baik untuk untuk pencernaan.

Nah sekarang tiba giliran untuk memasukkan daging ke dalam burger. Bila selama ini Anda hanya memikirkan daging giling atau daging asap untuk isi burger Anda, mengapa tidak mencoba berkreasi dengan isi yang lebih sehat?

Berikut beberapa referensi isi burger yang dapat Anda coba:

1. Dada ayam

Daripada menggunakan daging sapi olahan yang mengandung banyak garam, Anda dapat menggantinya dengan dada ayam. Buang kulitnya dan panggang dada ayam tanpa menaburkan garam di atasnya. Untuk menambah rasa, Anda bisa menaburkan bubuk merica dan rosemary setelah dipanggang. Kalori sepotong dada ayam jauh lebih kecil dibandingkan kalori yang terkandung di dalam daging sapi olahan.

2. Jamur

Jamur dijadikan isi burger? Kok bisa? Tentu bisa. Anda dapat menggunakan jamur tiram yang sudah Anda cincang kasar. Lalu tambahkan bawang bombay, merica, sedikit garam, dan tepung roti. Campurkan bahan-bahan tersebut, lalu bentuk bulat pipih seperti pada daging burger. Setelah itu Anda bisa memanggang adonan jamur tersebut hingga tingkat kematangan yang Anda sukai.

3. Tempe

Nah untuk Anda yang sedang masa pembentukan tubuh tapi sedang ngidam burger, tempe bisa dijadikan alternatif isi burger lho.. Tempe berasal dari kacang kedelai yang kaya akan serat, protein, dan kalsium. Giling tempe hingga halus, campur dengan  tepung roti, tambahkan bubuk thyme untuk penambah rasa dan aroma wangi di adonan tempe, bubuhkan juga sedikit garam dan merica lalu panggang hingga matang.

4. Jagung

Siapkan jagung manis, lalu haluskan dengan menggunakan food processor. Sesuaikan tekstur sesuai selera Anda. Kemudian Anda dapat mencampurkan jagung yang telah dihaluskan dengan keju rendah lemak, bawang bombay, merica, garam, dan tepung roti. Bentuk adonan tersebut menjadi bulat pipih, lalu panggang.

Bila Anda memiliki cukup waktu, buatlah sendiri saus tomat untuk membuat burger Anda menjadi lebih kaya rasa dan lebih sehat lagi tentunya. Usahakan jangan menambahkan saus mayones di dalam lapisan burger Anda. Dalam satu sendok teh saus mayonaise dan saos tomat mengandung kurang lebih 50Kkal. Bila ada yang bilang hidup sehat itu berarti makan makanan yang tidak enak, show them that they are wrong! Makan enak tidak berarti harus merasa bersalah kan?

 

Sumber:

detikhealth.com

www.healthrecipes.com

http://www.1health.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>