Benarkah Pecinta Makanan Tinggi Garam Rawan Terkena Gangguan Prostat?

Tweet

orang makan garamMenurut kamus kesehatan, kelenjar prostat adalah sebuah kelenjar seukuran kenari dalam sistem reproduksi laki-laki, tepat di bawah kandung kemih. Kelenjar ini melingkupi sebagian dari uretra, saluran yang mengosongkan kandung kemih. Fungsi utama prostat adalah menyediakan cairan untuk sperma saat ejakulasi. Fungsi prostat akan mengalami gangguan apabila saluran kemih terganggu, salah satu penyebab terganggunya saluran kemih adalah makanan dengan kadar garam tinggi. Mengapa demikian?

Apabila Anda mengonsumsi makanan yang kandungan garamnya normal, organ prostat Anda tidak akan terganggu fungsinya. Namun jika Anda mengonsumsi makanan tinggi garam sehingga kadar garam di dalam tubuh melonjak, ginjal yang bertugas untuk mengolah garam yang masuk ke dalam tubuh akan menahan cairan lebih banyak daripada yang seharusnya. Banyaknya cairan yang tertahan membuat pembuluh darah pada ginjal menyempit sehingga urin sulit keluar dari kandung kemih. Urin yang tersendat itu akan menekan prostat sehingga kerja prostat pun menjadi terganggu.

Menurut Riset Kesehatan Dasar, pada tahun 2009 24,5% penduduk Indonesia mengonsumsi garam berlebih dan pada tahun 2013 naik menjadi 26,2%. Yang mengagetkan adalah penyumbang garam terbesar ternyata berasal dari makanan cepat saji. Tahukah Anda bahwa di dalam sepotong ayam cepat saji mengandung garam sekitar 500 mg? Padahal saat di rumah makan cepat saji tentunya selain memesan ayam, kita memesan nasi, kentang dan kudapan lain yang menemani. Anda akan kaget saat mengetahui kadar garam di dalam satu paket makanan cepat saji yang terasa nikmat itu mencapai hampir dua lipat batas normal konsumsi garam harian pada orang dewasa yang hanya 1500 mg! Coba bayangkan berapa kali lipat kadar garam di dalam tubuh melonjak dibandingkan dengan kebutuhan garam normal harian kita?

Garam mengandung natrium dan sodium yang memang dibutuhkan untuk mengatur kandungan air dalam tubuh. Namun garam akan menjadi “musuh” bagi kesehatan bila dikonsumsi melebihi batas maksimal harian kebutuhan tubuh. Karena itu sebaiknya membatasi mengonsumsi makanan cepat saji, maksimal hanya satu kali sebulan dalam porsi kecil. Mulailah beralih ke makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan, sayuran dan ikan laut. Usahakan untuk memilih sayuran berwarna merah karena mengandung lycopene yang merupakan antikarsinogenik yang dapat menurunkan resiko terganggunya fungsi prostat. Antikarsinogenik adalah zat yang dapat memerangi mutasi gen karena terganggunya fungsi organ tubuh. Selain makanan yang disebutkan di atas, kacang kedelai dengan kandungan proteinnya juga baik dalam menjaga metabolisme garam agar tidak terjadi penumpukan di dalam tubuh.

Untuk memelihara kesehatan prostat selain membatasi mengonsumsi makanan tinggi garam, perhatikan juga hal-hal berikut ini:

1. Aktivitas fisik

Melakukan aktivitas fisik secara rutin adalah hal terpenting untuk menjaga kesehatan prostat. Jika Anda adalah pemiliki tubuh besar, perkecillah ukuran tubuh dengan diet sehat dan aktivitas fisik.

2. Hindari alkohol dan merokok

Hindarilah minum minuman beralkohol dan berhentilah merokok karena kedua kebiasaan buruk itu memiliki dampak merugikan bagi kesehatan prostat Anda.

3. Konsultasi dokter

Sesibuk apa pun Anda, usahakan untuk berkonsultasi dengan dokter secara teratur. Pada saat melakukan konsultasi, ceritakan semua riwayat kesehatan prostat Anda sejujur mungkin sehingga dokter dapat membantu menangani segera apabila terdeteksi adanya gangguan.

Lindungi kesehatan prostat Anda mulai hari ini!

 

 

Sumber:

www.Healthmeup.com,
health.kompas.com,
female.kompas.com,
kamuskesehatan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>