Sudah Benarkah Jumlah Air yang Kita Minum Setiap Hari?

Tweet

Di balik kesederhanaannya, air putih tak hanya berguna mencegah dehidrasi, tapi juga punya banyak manfaat lainnya, seperti menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.

Ada banyak penyakit lain yang dapat dicegah dengan minum air bersih dan sehat minimal 2 liter per hari. Selain itu manfaat terpenting air ini adalah menurunkan kadar racun yang ada di dalam tubuh melalui air seni.

Namun Anda agaknya juga harus  berhati-hati, sebuah penelitian dari Michael Farrell, peneliti dari Monash University, Australia, mengatakan ketentuan minum delapan gelas atau 2 liter per hari itu ternyata tidak berlaku untuk semua orang, pada kasus yang lebih ekstrem, air dikatakan dapat membunuh.

Dalam penelitiannya, ia mengumpulkan beberapa relawan untuk meminum air dengan beberapa skenario, termasuk ketika orang tersebut sebenarnya telah cukup air. Hal itu dilakukan untuk melihat sejauh apa upaya seseorang dalam menelan air.

Dari penelitian itu, Farrell dan timnya menyimpulkan, minum delapan gelas air memang tidak berdampak bahaya pada tubuh, hanya saja akan lebih mudah jika menuruti kemauan tubuh.

Dia lalu memberikan contoh kasus, tentang seorang atlet maraton yang meninggal karena air minum. Saat itu ia sangat tidak percaya diri dan mengikuti saran dari seseorang untuk minum air terus menerus. Akhirnya, atlet tersebut meninggal karena meminum air melebihi kebutuhannya.  Kasus tersebut memang terbilang langka, namun bukan berarti tak dapat terjadi. Jika Anda minum terlalu banyak air, maka ada kemungkinan mengalami gangguan pada fungsi otak.

Menurut National Health Service (NHS) di Inggris, tubuh manusia memang membutuhkan air atau cairan lain untuk bekerja dengan baik dan untuk menghindari dehidrasi. Namun, hal tersebut tentu tetap harus disesuaikan. NHS mengatakan,  pada iklim tertentu, seperti iklim yang bersuhu rendah, masyarakat disarankan untuk minum enam sampai delapan gelas per hari. Tapi dalam iklim panas, mereka harus minum lebih dari jumlah tersebut.

Farrell menyebut, refleks untuk menelan bisa terhambat apabila seseorang  sudah “mabuk” air dan memaksakan minum air lebih dari kebutuhan tubuhnya. Maka dari itu sebaiknya kita hanya minum sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh, sekitar 8 gelas per hari atau 2 liter. Yang lebih harus diperhatikan adalah apabila Anda sudah merasa mencukupi kebutuan minum air putih dalam satu hari, jangan memaksakan minum lebih banyak lagi hanya untuk mengenyangkan perut, comtohnya ketika sedang diet.

Sudah cukupkah kebutuhan air putih yang Anda minum hari ini?

Sumber:

freedrinkingwater.com

watertechonline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>