Manfaat Omega-3 Bagi Ibu Hamil

Tweet

Kehamilan merupakan masa penting bagi ibu sekaligus janin yang dikandungnya. Itulah sebabnya berbagai penelitian tentang kebutuhan gizi pada masa kehamilan kian berkembang. Salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi oleh ibu hamil adalah omega-3.

Omega 3 termasuk asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan dan perkembangan sel-sel tubuh. Sayangnya, asam lemak ini tidak bisa dibuat oleh tubuh manusia sehingga harus diperoleh dari makanan sehari-hari atau suplementasi.

Penelitian yang ada di dalam Journal Of Pediatric, Laval University, Quebec.  menunjukkan bahwa dua jenis asam lemak Omega-3 yang paling banyak manfaatnya adalah EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid). Asam lemak ini merupakan lemak Omega 3 yang dapat ditemukan pada ikan dan memiliki peran yang penting dalam berlangsungnya fungsi tubuh dan otak.

Asupan Omega-3 sangat penting untuk mempertahankan keseimbangan produksi hormon prostaglandin. Prostaglandin membantu mengatur banyak fungsi fisiologis yang penting termasuk tekanan darah, pembekuan darah, transmisi saraf, respon inflamasi dan alergi, fungsi ginjal dan saluran pencernaan, dan produksi hormon lainnya. Prostaglandin dibutuhkan di sepanjang masa persiapan kehamilan hingga saat hendak melahirkan karena apabila hormon tidak mencukupi di ibu hamil, maka akan berakibat terjadinya persalinan telat waktu.

Manfaat lain dari omega-3 untuk ibu hamil, diantaranya:

  • Sebagai pembentukan sistem imun
    Dalam buku Omega-3 Oils, A Practical Guide, 1996 karangan Donald Rudin, M.D. dan Clara Felix disebutkan bahwa Omega-3 berperan penting dalam perkembangan sistem imun, yang terbentuk selama masa kehamilan dan bulan-bulan pertama setelah kelahiran. Jika seorang wanita hamil kurang mengonsumsi Omega 3, anaknya bisa menderita gangguan fisik dan mental karena kurangnya sistem kekebalan tubuh.
  • Sebagai bahan utama dalam perkembangan otak janin
    Asam lemak esensial Omega-3 juga memiliki peran yang sangat penting pada perkembangan otak janin. Pada tahun 1968, seorang ilmuwan Swedia, Lars Svennerholm menemukan DHA (dari Omega-3) adalah mayoritas asam lemak jenuh yang terdapat dalam otak dan merupakan bahan baku penyusun sel otak. Dia juga menyimpulkan bahwa perkembangan sel otak janin sangat tergantung pada jumlah Omega-3 yang berasal dari ibunya, karena janin belum dapat mengubah asam lemak tidak jenuh dalam tubuhnya sendiri.
  • Mencegah kelahiran prematur
    Sebuah komisi ahli yang dipimpin oleh Berthold Koletzko, M.D., Rumah Sakit Anak Dr. Von Hauner, Universitas Munich menyatakan bahwa wanita hamil dan menyusui harus mengonsumsi setidaknya 200 mg DHA per hari. Mereka menemukan wanita dengan asupan Omega-3 DHA lebih tinggi memiliki kehamilan lebih sehat, dengan berat bayi lahir yang lebih tinggi dan kejadian bayi lahir prematur yang lebih sedikit. Asupan DHA juga dihubungkan dengan peningkatan kecerdasan anak dan perkembangan mata.
  • Berperan dalam kecerdasan visual dan kognitif bayi
    University of Western Australia meneliti 98 wanita hamil, sebagian wanita hamil mengonsumsi 4 gr suplemen Omega-3 dari ikan sedangkan yang lainnya mengonsumsi 4 gr olive oil (minyak zaitun) perhari hingga bayi lahir. Setelah anak tersebut berusia 2 tahun dilakukan test untuk menilai tingkat tumbuh kembangnya. Anak-anak yang ibunya mengonsumsi suplemen Omega-3 memiliki nilai yang lebih tinggi pada koordinasi mata dan tangan, kemampuan berbicara, lamanya waktu berbicara, serta jumlah kosa kata yang mereka miliki dibandingkan dengan anak yang ibunya mengonsumsi Olive Oil. Profesor Susan Prescott yang memimpin penelitian tersebut menyebutkan suplemen Omega-3 yang dikonsumsi terus menerus selama kehamilan tidak saja aman, tapi juga sangat dibutuhkan bagi bayi dan ibu di kemudian hari.

Bagi ibu hamil dan menyusui disarankan untuk mengonsumsi 300 mg DHA setiap hari.

Karena itu bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan, jangan ragu mengonsumsi omega-3 dengan dosis 2×2 softgel sehari atau sesuai anjuran dokter. Jangan sia-siakan proses perkembangan janin Anda, jadikan calon anak Anda menjadi calon pemimpin masa depan dengan bantuan asupan suplemen tepat yang bermanfaat.

Sumber:
readerdigest.com, gen22.net, ibu-hamil.web.id, infomanfaat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>