12 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

Tweet

manfaat tertawa

Siapa bilang sehat itu mahal? Sakit yang mahal, karena harus ke dokter dan membeli obat yang harganya tak murah. Sehat itu murah, apalagi kalau kita punya kiat untuk menyiasatinya. Sehat itu tidaklah sulit, karena justru lebih sulit menyehatkan badan kembali di saat sudah jatuh sakit. Jadi ada baiknya kita menjaga kesehatan selagi masih sehat bugar. Selain mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh sehari-hari, berolahraga secara rutin dan menghindari makan-makanan berlemak, ada satu tips mudah lainnya untuk menjaga kesehatan. Cara yang satu ini terhitung sangat-sangat murah lho..apakah itu? Yap! tertawa.

Mengapa tertawa bisa menjadi pilihan “terapi” penyembuhan dan  Simak yuk..

Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Mental:

  • Mengurangi Stress 
    Hormon stress yang dapat menurunkan sistem imun tubuh dan memperburuk kesehatan seperti epinephrine dan kortisol diketahui cenderung menurun setelah Anda tertawa.
    Stres fisik dan emosional dapat menghambat keluarnya hormon prolaktin, insulin, tiroid yang berfungsi kebalikan dari hormon epinephrine dan cortisol. Jadi, jika Anda sedang stress, tidak ada salahnya membuka youtube dan lihat video-video lucu untuk meringankan beban pikiran.
  • Mengatasi Kesedihan
    Hidup memang tidak tentu dan semua itu di luar kendali manusia, meskipun begitu manusia masih dapat mengontrol cara mereka bereaksi terhadap peristiwa ini. Menanggapi kesedihan dengan tawa dapat membuat pikiran, tubuh dan jiwa tenang dan nyaman.
  • Melepaskan Emosi Negatif
    Tertawa ternyata dapat memberikan efek psikologis yang besar seperti melepaskan emosi negatif dan melemaskan otot sehingga dapat meredakan stres, menstabilkan tekanan darah dan mereduksi ketegangan.

Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Tubuh:

  • Melancarkan Peredaran Darah
    Tertawa terbukti melancarkan peredaran darah dan meningkatkan aliran ke pembuluh darah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat melebarkan endotelium, jaringan yang menyusun lapisan darah dan membuat darah mengalir lebih baik.
  • Membakar lemak
    Menurut Peneliti tertawa 100 kali setara dengan energi 15 menit pada mesin dayung. sama seperti olahraga, tertawa membuat orang cenderung mengambil nafas yang berfrekuensi cepat. hal ini dapat membantu melancarkan oksigen mengalir di dalam organ tubuh dan membakar lemak.
  • Menurunkan Gula Darah
    Menurut studi, terapi dengan tertawa dapat mempengaruhi sistem neuroendokrin dan mempercepat penggunaan glukosa oleh otot yang aktif sehingga menurunkan resiko diabetes.
  • Membantu Menghilangkan Rasa Sakit
    Dengan tertawa, Anda dapat merangsang keluarnya hormon endorphin yang membantu meningkatkan kebahagiaan dan mengatasi nyeri.
  • Menyehatkan Jantung, Otak, dan Paru-paru
    Saat tertawa, organ tubuh Anda seperti jantung, otak dan paru-paru ikut terlibat dan ikut terangsang. karena rangsangan, organ-organ tersebut aktif dan membuat mereka rileks dan hal ini dapat meningkatkan kesehatan.
  • Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
    Karena tertawa dapat melancarkan sirkulasi darah dan oksigenisasi dalam darah, tertawa menjadi cara yang paling ampuh untuk memerangi penyakit jantung.
  • Meningkatkan Sistem Imun
    Tertawa dapat mengontrol sekresi hormon pembuat stress dan terbukti dapat meningkatkan kadar saliva imunoglobin A, sebuah antibodi penting yang melawan bakteri dan infeksi.
  • Meningkatkan Memori
    Tertawa memberi pasokan oksigen dalam jumlah banyak ke otak, hal ini dapat membantu meregenerasi ulang sel-sel otak Anda.
  • Membuat Kita Berumur Panjang
    Tertawa dapat membuat seseorang berpikir optimis dan positif terhadap apa yang terjadi, sehingga membuat tubuh merespon melepaskan hormon penyebab stres sehingga meningkatkan kualitas kesehatan seseorang.

Sudah siap untuk sehat tanpa banyak mengeluarkan biaya? Yuuk kita tertawa bersama-sama!

 

Sumber:

http://health.kompas.com/

http://beautynesia.id/

http://www.satujam.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>