Minum Obat dengan Susu Bahaya? Benar Tidak Ya?

Tweet

“Kamu sakit apa? Sudah minum obat belum?”

Pertanyaaan di atas sudah sangat lumrah kita dengan saat sedang sakit. Saat ada teman atau kerabat yang sakit pun pasti kita Tanyakan pertanyaan itu, kan? Secara naluriah, obat sudah merupakan bagian dari sakit, walaupun sebenarnya tidak semua penyakit ada obatnya, dan tidak semua penyalit pula harus disembuhkan dengan obat. Beberapa penyakit seperti stress misalnya, mungkin hanya bisa disembuhkan dengan piknik. Hehehehe…Atau penyakit bertambahnya usia, mungkin hanya bisa disembuhkan dengan tengan tetap berjiwa muda dan tetap enjoy menikmati hidup, apapun masalah yang dihadapi.

Meminum obat saat sakit sepertinya sudah menjadi keharusan agar tubuh kembali ke kondisi normal yaitu sehat. Bicara soal obat, ada mitos kesehatan yang beredar luas di masyarakat yaitu bahaya minum obat dengan segelas susu. Bukankah susu itu baik untuk kesehatan? Mengapa dilarang?

Mungkin anda pernah dinasehati atau mungkin menasehati orang lain agar tidak minum obat dengan susu. Entah siapa orang pertama yang memberikan nasehat untuk tidak minum obat setelah meminum susu. Itulah kenapa hal ini masih menjadi mitos kesehatan yang membutuhkan penjelasan ilmiah.

Seperti yang sudah anda tahu, susu memiliki kandungan zat-zat yang berguna bagi tubuh seperti kalsium, magnesium, protein, lemak dan fosfor. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Kalsium merupakan salah satu zat yang terkandung dalam semua jenis susu baik yang alami maupun produk olahan susu dalam kemasan. Zat inilah yang berperan penting dalampertumbuhan tulang dan gigi anak namun zat ini juga yang dapat menghambat penyerapan obat yang anda minum.

Mengapa ada larangan minum obat dengan susu?

Saat anda meminum obat, tubuh membutuhkan waktu yang cukup untuk melarutkan kemudian menyebarkan melalui aliran darah agar efek nya bisa menyembuhkan bagian yang sakit. Jika obat yang anda minum bertemu kalsium dari susu makan proses penyerapan obat akan terganggu sehingga kehilangan efektifitasnya.

Jadi, saat anda minum obat dengan susu maka efek obat tersebut akan hilang karena sudah dinetralisir oleh susu. Untuk menghilangkan efek negatif susu yang menghambat penyerapan obat, berikan jangka waktu minimal 2 jam sebelum anda minum obat. Hal ini berlaku juga jika anda ingin menikmati susu setelah mengkonsumsi obat.

Air putih merupakan media pelarut obat-obatan yang paling ampuh dan aman. Manfaat meminum air putih sendiri adalah menyediakan cairan tubuh sehingga organ-organ di dalamnya dapat bekerja dengan maksimal. Karena sifatnya yang masih alami dan tidak mengandung unsur kimia, air putih adalah media paling baik untuk minum obat.

 

Sumber:

www. alodokter.com

http://manfaat.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>