3 Penyebab Utama Lelah Berkepanjangan

Tweet

Merasa letih setelah beraktivitas panjang atau melakukan kegiatan saat tubuh Anda sedang kurang sehat adalah hal yang biasa.  Namun, jika Anda sering merasa lelah padahal sudah cukup istirahat, hati-hati hal tersebut bisa memicu penyakit serius pada tubuh Anda.

Tak dapat dipungkiri, rasa lelah memang sudah menjadi kawan karib, tapi rasa lelah yang terus-menerus bisa jadi suatu gejala penyakit yang tidak disadari.

Rasa lelah yang terus-menerus tak cuma disebabkan karena rutinitas tapi juga masalah kesehatan, psikologis, dan gaya hidup.

Simak penjelasan singkatnya di bawah ini:

1. Masalah Kesehatan

Lelah tak hanya akibat kurang tidur, tapi juga akibat masalah kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang bisa menyebabkan kelelahan adalah penyakit celiac atau alergi makanan khususnya terhadap makanan dengan kandungan protein yang disebut gluten.

Selain itu, serangan anemia juga jadi biang keroknya. Penyakit ini jadi banyak penyebab kasus kelelahan berkepanjangan. Sindrom lelah kronis bisa memicu rasa lelah ekstrem dan masalah tidur. Mereka yang terkena sindrom ini harus benar-benar berjuang melalui aktivitas sehari-hari. Karena itu Anda mungkin membutuhkan suplemen yang dpaat membantu meringankan kelelahan Anda seperti Tara Relaxan.

Penyakit-penyakit lain seperti diabetes, bengkak pada kelenjar gondok, demam tinggi, serta sleep apnea atau gangguan tidur yang mengganggu pernapasan juga bisa jadi penanda penyakit ini.

2. Masalah Psikologis

Masalah psikologis juga dapat memunculkan rasa lelah. Rasa cemas berlebih mengakibatkan tubuh sulit untuk beristirahat atau tidur dengan nyenyak. Salah satu gejala depresi adalah rasa lelah ekstrem. Tak hanya membuat orang sulit tidur, ini juga bisa membuat tubuh terasa tak punya energi.

Penting untuk mengolah stres, memberi jeda pada rutinitas dan rileks sejenak. Relaksasi tak hanya dengan meditasi, tapi bisa juga dengan melakukan hobi. Jika Anda merasa sangat sibuk dengan pekerjaan dan merasa terjebak dalam rutinitas, beban pekerjaan yang didapatkan tidak pernah berkurang, setiap kegiatan yang dilakukan tidak pernah dianggap baik, dan merasakan hal-hal lainnya hanya terulang begitu seterusnya, maka Anda harus ambil cuti dan pergi liburan.

3. Gaya Hidup yang tidak sehat

Selain dapat menyebabkan kanker, gaya hidup yang tidak sehat seperti makan makanan fast food setiap hari mau tidak mau menyumbang rasa lelah pada tubuh. Konsumsi alkohol secara terus-menerus bisa mengganggu tidur dan memicu gangguan tidur seperti terbangun di tengah malam.

Rutinitas yang ‘berantakan’ seperti bekerja sampai larut, banyak keluar malam bisa membuat tubuh lelah. Oleh karena itu, biasakan untuk memiliki rutinitas yang sehat seperti menghindari alkohol, konsumsi air dengan takaran yang tepat, dan konsumsi suplemen yang tepat bagi tubuh Anda, seperti Nature EPA Omega-3 Plus, yang mengandung Omega-3 murni yang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Sumber:

Internationalnews.com

cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>