Yuk Maksimalkan Pertumbuhan Tulang Anak dengan Super Food Ini

Tweet

 

Orang tua zaman dulu sering menyuruh anaknya untuk minum susu dengan alasan agar cepat besar dan tumbuh tinggi. Memang tidak salah, karena susu adalah salah satu sumber protein dan kalsium yang dapat membantu pertumbuhan tulang. Tapi selain susu, ada beberapa makanan lain yang juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang.

Apa saja ya Super Food yang juga ikut membantu pertumbuhan tulang pada anak? Makanan tersebut antara lain:

  • Sayuran hijau
    Ada beberapa sayuran hijau mengandung kalsium yang dibutuhkan tulang, seperti brokoli dan  bokchoy. Selain mengandung kalsium, sayuran hijau juga mengandung vitamin K, yang berperan dalam pengaturan kalsium dan pembentukan tulang. Namun, tidak semua sayuran berdaun hijau baik untuk pertumbuhan tulang. Seperti bayam, walaupun mengandung kalsium, tetapi juga mengandung asam oksalat yang dapat menghambat penyerapan kalsium. Sebaiknya hindari makan makanan sumber kalsium dan bayam dalam waktu bersamaan.

  • Buah-buahan
    Beberapa jenis buah-buahan dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang. Pepaya, jeruk, nanas, dan stroberi mengandung vitamin C. Vitamin C ini berfungsi dalam sintesis kolagen, yaitu protein utama dalam tulang.

  • Daging merah
    Daging merah mengandung fosfor dan magnesium yang dibutuhkan tulang. Lebih dari setengah massa tulang dibentuk oleh mineral fosfor. Kekurangan fosfor dapat mengganggu mineralisasi tulang. Selain itu, mineral magnesium juga dibutuhkan untuk pembentukan tulang. Magnesium dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang dan berperan dalam banyak metabolisme mineral. Sumber makanan lain yang mengandung fosfor adalah seafood, kacang-kacangan, kentang dan gandum. Sedangkan sumber makanan yang mengandung magnesium adalah gandum, kacang-kacangan, seperti almond dan kacang mede.

  • Makanan kaya vitamin D
    Makanan yang kaya akan vitamin D akan membantu penyerapan kalsium dan fosfor yang berperan pada pembentukan tulang dan gigi. Salmon adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan vitamin D. Ikan yang satu ini merupakan salah satu sumber vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Selain itu, salmon juga kaya akan omega-3 dan asam lemak yang membantu memperkuat tulang.

Sumber:

warassehat.com

Hellodokter.com

.sahabatnestle.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>