Sakit Kepala? Bisa Jadi karena Mata Terlalu Lelah

Tweet

Sakit kepala memang bukanlah penyakit yang mematikan, namun sangat mengganggu apabila tidak cepat ditangai dengan benar. Pekerjaan akan terbengkalai karena Anda akan sulit berkonsentrasi dan membuat Anda mudah stres. Sakit kepala biasa dapat berkembang menjadi sakit kepala vaskular atau bahkan vertigo apabila tidak cepat ditemukan sumber masalahnya. Nah Admin akan membocorkan salah satu penyebab sakit kepala, seperti yang disebutkan di judul, salah satu penyebabnya adalah mata yang terlalu lelah ungkap dr Syumati SpM(K), MSc, CEH, dokter mata di RS. Cicendo Bandung.

Mengapa mata lelah dapat menyebabkan sakit kepala?

Sakit kepala karena mata lelah disebabkan karena syaraf mata adalah syaraf yang letaknya paling dekat dengan otak Anda. Ketika mata lelah, impuls syaraf akan mengantarkan pesan ke otak bahwa sudah saatnya mata diistirahatkan, dan sakit kepala merupakan suatu bentuk pertahanan agar mata yang lelah tidak terus dipaksakan sehingga akan merusak mata. Jadi sakit kepala sebenarnya adalah peringatan untuk Anda untuk mengistirahatkan mata Anda sebelum syaraf mata rusak.

Bagaimana cara mengatasi sakit kepala yang disebabkan mata lelah?

Cara paling sederhana adalah dengan mengalihkan perhatian. Mengalihkan perhatian di sini bukanlah mengalihkan perhatian dari kekasih Anda yang berparas menawan, tapi mengalihkan perhatian mata Anda dari layar monitor untuk memandang hal lain. Anda sebaiknya memberikan mata anda waktu untuk bersantai, dan memberi kedua bola mata kesempatan untuk mendapatkan sirkulasi darah yang cukup agar otot mata tidak menjadi kaku. Anda juga dapat memejamkan mata selama 10-15 menit. Pengontrolan waktu kerja juga tak kalah penting karena akan berpengaruh pada kinerja mata. Sebaiknya aturlah waktu kerja dengan baik dan jangan memaksakan mata untuk menatap layar komputer secara terus-menerus lebih dari 20 menit. Apabila memungkinkan, pandanglah tanaman hijau selama 20 detik setiap 20 menit menatap layar komputer.

Lakukan juga olahraga mata secara rutin. Langkahnya pun sangat sederhana, yaitu anda hanya harus memandang sebuah benda atau objek yang berjarak 6 meter atau lebih. Lakukan langkah tersebut selama kurang lebih 10 menit. Latihan mata yang rutin akan mengembalikan mata anda sehingga bisa terhindar dari sakit kepala.

Jangan lupa konsumsi buah dan sayur serta makanan yang kaya akan Vitamin A, E, dan beta-karoten setiap hari. Tambahkan suplemen yang bermanfaat untuk kesehatan mata Anda seperti TARA VisiBright. Jika mata Anda berada dalam kondisi yang sehat, maka tentu saja anda bisa terhindar dari sakit kepala yang diakibatkan mata lelah.

Halodokter.com

health.detik.com

doktersehat.com

republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>