Tetap Prima di Usia Senja Berkat 7 Nutrisi Ini

Tweet

Skenario:

“Ooh..baru jam 8 pagi… *lalu dengan santai bikin mie goreng di dapur*”

Tampaknya kehidupan di skenario sangat santai dan mudah ya daripada kenyataan. Tapi apakah mengonsumsi mie instan adalah pilihan terbaik untuk mendapatkan nutrisi? Bertambahnya usia bukan berarti porsi makan harus bertambah, atau mulai melupakan nutrisi penting bagi tubuh kita. Justru saat usia bertambah, kita semestinya semakin care terhadap kesehatan tubuh kita, karena di usia senja, pertahanan tubuh semakin menurun, sehingga Anda sebaiknya lebih pilih-pilih nutrisi dan menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh dapat menjadi solusi tetap prima.

Berikut beberapa daftar jenis makanan yang bisa menjadi konsumsi wajib agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit:

1. Omega 3

Berbagai makanan yang dikonsumsi tanpa disadari menjadi pemicu kadar kolesterol semakin tinggi, karena itu Anda sangat memerlukan omega 3. Omega 3 sanagt ampuh meluruhkan lemak yang menyumbat dinding pembuluh darah, sehingga peredaran darah tidak tersumbat dan menjauhkan diri dari penyakit akibat kolesterol tinggi. Selain itu dengan bertambahnya umur, semakin banyak pula sel-sel tubuh yang kehilangan kemampuannya untuk memperbaiki diri, termasuk sendi. Omega 3 dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan, memperbaiki kembali serabut-serabut antara sendi dan dapat mengurangi nyeri dan kekakuan pada sendi yang sudah mulai kehilangan pemulsa karena pertambahan umur.

2. Serat makanan

Semakin banyak usia, semakin melemah kinerja organ dalam tubuh sehingga dibutuhkan lebih banyak nutrisi. Sama hal nya dengan sistem pencernaan yang juga melambat, dewasa usia lanjut juga memerlukan lebih banyak serat untuk melancarkan pencernaan. Anda bisa mengonsumsi beras merah, kacang-kacangan, buah dan sayur lebih banyak dan menghindari makanan bersantan dan berlemak.

3. Protein

Protein yang baik dikonsumsi adalah protein yang berasal dari daging berwarna putih (ikan dan ayam kampung) dan putih telur. Waspadai protein yang berasal dari daging merah, telur puyuh dan hidangan laut seperti cumi-cumi, kepiting dan udang. Walaupun mengandung protein yang tinggi, namun kandungan kolesterolnya juga sangat tinggi.

4. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu antioksidan alami yang akan membantu melawan radikal bebas, meremajakan kulit dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Saat usia semakin tua, tubuh mengalami penurunan dalam sistem imun dan penyembuhan alami, sehingga asupan vitamin C juga sangat penting untuk Anda yang lanjut usia.
Berbagai macam studi telah membuktikan bahwa vitamin ini dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh kita, yang diperlukan untuk memperbaiki jaringan dan menyembuhkan luka. Vitamin C juga dikenal dapat mencegah penyakit berat seperti kanker, stroke, serangan jantung, dan lain sebagainya. Jadi, perbanyak makan buah dan sayur adalah suatu kewajiban untuk orang usia lanjut.

5. Kalsium dan vitamin D

Kalsium juga penting dikonsumsi orang tua karena kepadatan tulang semakin menurun saat usia tua. Jadi, penting untuk menambahkan asupan kaya kalsium seperti keju, susu, yoghurt, dan sayuran hijau ke dalam menu harian orang lanjut usia.
Sebagian besar orang lanjut usia akan mengalami penurunan kadar vitamin D dan kalsium yang akut sehingga rentan terserang osteoporosis dan berbagai macam penyakit tulang dan sendi. Vitamin ini secara alami bisa didapat dari sinar matahari setiap hari, dan ini akan menjadikan tubuh dapat menyerap kalsium lebih baik.

Jadi, sering olahraga pagi seperti lari kecil atau jalan kaki cepat (brisk walking) selama 30 menit hingga 1 jam dengan sinar matahari yang sehat dan udara yang segar serta diikuti dengan sarapan sehat seperti telur, sereal, minyak ikan cod, tuna dan salmon, bisa menjadi pilihan memenuhi kebutuhan vitamin D. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin D.
6. Asam amino dan nutrisi penting lainnya

Salah satu makanan yang mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh adalah Royal Jelly. Royal jelly mengandung berbagai macam vitamin dan 30 jenis asam amino yang akan membantu menguatkan sistem imun, menjaga sel dari kerusakan, serta memperbaiki lagi sel yang sudah rusak. Hebatnya lagi, di dalam royal jelly kaum wanita juga mendapatkan efek tambahannya, yaitu menghaluskan kulit serta membuatnya senantiasa awet muda. Thanks to kandungan kolagen yang akan meregenerasi sel kulit.
7. Air
Ini juga sangat penting, apalagi untuk melancarkan pencernaan dan proses detoksifikasi tubuh. Air memegang peran sangat penting dalam kelancaran peredaran darah dan fungsi sel tubuh. Itulah mengapa orang yang sudah beranjak usia juga harus banyak minum jus buah, air putih dan minuman hangat seperti teh herbal.

Itulah tujuh daftar wajib makanan yang bisa dikonsumsi orang lanjut usia. Meski memang Anda belum mencapai usia lanjut, namun menerapkan konsumsi 7 daftar makanan tersebut mulai dari sekarang akan berefek jangka panjang menjaga kesehatan Anda.

 

Sumber:
www.stylecraze.com
www.kompas.health.com
www.sciencealert.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>