Tips Agar Anak Mau Makan

Tweet

Suatu waktu Anda pasti pernah merasa bimbang gundah gulana karena anak Anda susah makan. Di saat bimbang seperti itu mentok adalah kata yang seringkali keluar dari otak Anda. Alalu bagaimana solusi agar anak Anda mau makan?

Selain dengan memancing nafsu makan Anak dengan menyediakan makanan dengan bentuk menarik dan cara penyajian yang beragam, Anda juga perlu memperhatikan “cara merayu” anak Anda. Jadi bukan cuma suami yang Anda rayu kan. :)

Nah tapi Anda harus lebih selektif dalam memilih bahasa yang dipakai dalam merayu anak-anak. Sifat alami anak adalah meniru dan menyimpan. Ketika mereka mendengarkan sesuatu, kemungkinan untuk disimpan di dalam memorinya dan ditirukan akan lebih besar. Ada beberapa kalimat yang tidak boleh diucapkan oleh orangtua kepada anaknya ketika merayu, apalagi merayu Anak agar mau makan sehingga pertumbuhan anak menjadi maksimal dan cerdas.

Berikut kalimat-kalimat yang sebaiknya tidak diucapkan pada anak Anda:

1. “Kamu selalu nakal….” atau “Kamu tidak pernah menurut…”. Kalimat tersebut memang kerapkali diucapkan orangtua secara refleks. Akan tetapi ada baiknya jika penggunaan kalimat tersebut dihindari.

“Hati-hati, kedua kata-kata itu ada makna di dalamnya. Di dalam pernyataan “Kamu selalu…” dan “Kamu tidak pernah” adalah label yang bisa melekat selamanya di dalam diri anak,” ujar seorang psikoterapis Jenn Berman PhD.

Tak hanya itu, Berman juga melanjutkan bahwa jika kedua kalimat tersebut sering dilontarkan oleh orangtua kepada anaknya, maka akan membentuk kepribadian si kecil. Anak-anak akan menjadi seperti yang dikatakan terhadap dirinya. Bila kalimat tersebut diucapkan untuk merayu anak Anda di saat dia tidak mau makan, maka yakinlah bahwa anak Anda akan semakin sulit makan.

“Sebaliknya, bertanyalah kepada anak tentang apa yang bisa Anda lakukan untuk membantu dia mengubah kebiasaannya. Misalnya, “Apa yang bisa Ibu bantu supaya kamu mau makan makanan ini?” Pernyataan seperti itu akan membuat anak merasa terbantu dan nyaman,” jelas dr Berman.

2. Kata-kata lain yang harus Anda sebagai orangtua sebaiknya hindari ketika merayu anak adalah “Bukan begitu caranya. Sini, biar ayah/ibu saja.” Biasanya orangtua mengeluarkan kalimat tersebut jika mereka meminta tolong kepada si kecil untuk membantu melakukan sesuatu, namun si kecil tidak melakukannya seperti yang kita inginkan.

Dr Berman mengatakan bahwa hal itu adalah salah atau sebuah kesalahan karena si kecil menjadi tidak bisa belajar bagaimana caranya melakukan hal seperti yang kita inginkan. Bila suatu ketika anak Anda melakukan kesalahan ketika sedang makan, sebaiknya kita melakukan langkah kolaboratif dengan mengajak anak bersama-sama sembari kita menjelaskan bagaimana cara yang benar untuk melakukannya. Karena apabila anak disalahkan ketika sedang makan, maka dia akan menjadi malas untuk meneruskannya. Dan ketika datang jam makan lagi, si kecil akan teringat kembali kesalahan itu dan takut untuk mengulanginya sehingga memilih untuk tidak makan agar tidak melakukan lagi kesalahan yang sama.

Nah bunda dan ayah…sekarang sudah tahu kan bahwa merayu anak juga ada tekniknya. Anak akan tumbuh menjadi pribadi yang penurut sekaligus menadiri apabila kita dapat menerapkan pola asuh yang benar. Salah satu bentuk pola asuh yang benar adalah dari cara kita bewrinteraksi dengan mereka, agar merekapun nyaman dalam melakukan hal yang seharusnya mereka laksanakan.

 

Sumber:

Tabloid-nakita.com, intisari-online.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>