Tips Sehat dan Menyenangkan Mengontrol Gula Darah

Tweet

https://edc2.healthtap.com/ht-staging/user_answer/reference_image/9694/large/blood_sugar_test.jpeg?1386670893Budaya makan nasi putih dan minum teh manis membuat Indonesia berada pada peringkat 4 penderita diabetes terbanyak di dunia. Menurut Prof. Dr. Harun Rasyid Lubis, SpPD-KGH. ada sekitar 8,4 juta penduduk Indonesia didiagnosa menderita diabetes.

Fakta tersebut disebabkan oleh pola makan yang tidak proporsional sehingga menyebabkan sindrom metabolik yang meningkatkan resiko terkena diabetes. Gula darah yang tidak terkontrol sebagai biang keroknya. Gula darah memang diperlukan tubuh sebagai sumber energi. Namun jika berlebih maka kemampuan tubuh tidak maksimal dalam mengolah gula darah sehingga gula atau glokosa akan tetap berada dalam darah yang menyebabkan kadar gula tinggi.

Cobalah beberapa cara yang sehat dan menyenangkan di bawah ini agar gula darah tetap terkontrol:

1.    Bersahabat dengan jahe.

Jahe dapat digunakan untuk menurunkan tingkat gula darah dan meningkatkan keefektivitasan insulin dan obat-obatan lain yang digunakan dalam perawatan diabetes. Segelas wedang jahe hangat sehari cukup untuk mengontrol tingkat gula darah.

2.    Bergerak dan berkeringatlah!

Berkeringat adalah kunci dalam menurunkan gula darah. Berolahragalah seperti jalan cepat di pagi hari dan jangan lupa untuk mengonsumsi sedikit makanan terlebih dahulu. Sedikit makanan yang dikonsumsi minimal satu jam sebelum berjalan pagi akan menjaga kadar gula darah tetap stabil sehingga Anda tidak pingsan karena lemas. Mengombinasikan olahraga aerobik dan angkat beban juga akan membantu menurunkan kadar gula darah lebih banyak dibandingkan hanya dengan obat-obatan.

3.    Makan dengan porsi kecil setiap 4-5 jam sekali.

Jangan sekali-kali lewatkan jam makan Anda. Kadar gula darah yang tinggi selalu berhubungan dengan kebiasaan makan Anda. Tubuh akan cenderung melepaskan glukosa untuk dibuat energi ketika tubuh Anda kelaparan. Hal inilah yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah secara tiba-tiba.

4.    Minum teh hijau tanpa gula.

Bila Anda penggemar kafein, coba mengganti kopi dengan teh hijau. Selain mengandung kafein yang lebih rendah, teh hijau juga mengandung tanin yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengontrol gula darah. Sebagai bonus, Anda akan mendapatkan kulit mulus karena kandungan polifenol pada teh hijau merupakan antioksidan yang sangat tinggi.

5.    Tetap mengonsumsi karbohidrat.

Jangan diet karbohidrat yaa! Tubuh memerlukan karbohidrat untuk diproses menjadi glukosa kemudian menjadi energi. Untuk Anda yang mengalami diabetes, sebaiknya hindari karbohidrat sederhana seperti nasi putih, kentang, makanan berbahan dasar tepung dan lainnya. Gantilah dengan karbohidrat kompleks yang terkenal lebih sehat seperti beras merah, beras hitam, oatmeal, ubi, dan lainnya.

Pemeriksaan gula darah secara rutin perlu dilakukan oleh siapapun yang memiliki faktor resiko terkena diabetes. Idealnya pemeriksaan dilakukan di laboratorium, yakni setelah berpuasa 8 jam dan sesudah makan. Kadar gula darah puasa dikatakan normal jika angkanya 70-99 mg/dL.

Intinya, untuk menurunkan gula darah lakukanlah pola hidup sehat, terutama dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Suatu penyakit tidak akan datang begitu saja tanpa ada penyebabnya. Untuk itu mulailah menjalankan pola hidup sehat.

 

Sumber:
MSNHealth, detikHealth, Geniusbeauty.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>