Tips untuk Penggemar Masakan Padang

Tweet

Siapa tak suka masakan padang? Banyak orang yang pasti tak bisa menolak tawaran kelezatan masakan khas Indonesia bagian barat ini. Bayangkan kelezatan rendang, gulai tunjang, gulai kepala ikan, dan masih banyak menu lain yang disiram dengan kuah santan kental dan tambahan sambal hijau. Yummy!

Kelezatan masakan padang tak bisa dilepaskan dengan penggunaan santan kental yang digunakan untuk mengolah daging, jeroan, dan jenis daging lainnya. Selain itu, jarang masakan padang yang langsung dimasak karena kebanyakan berupa menu matang yang sudah dimasak sehari atau dua hari yang lalu. Katanya, semakin lama dipanaskan, menu masakan padang justru makin lazis alias enak, Bro.

Sayangnya, baik dari bahannya maupun cara mengolahnya, menu masakan padang berpotensi menaikkan berat badan Anda dan juga tekanan darah Anda. Santan kaya akan lemak, apalagi jeroan dan daging berlemak yang legit di dalamnya. Sebagai gambaran, satu porsi nasi padang plus lauk bisa mengandung lebih dari 800 kalori. Selain itu, pemanasan yang terlalu lama juga berefek mengurangi kandungan nutrisi dalam makanan.

Agar tetap sehat dan dapat menjaga berat badan, meski Anda seorang penyuka makanan padang, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. dr.Grace Judio-Kahl, M.Sc, MH, Cht, spesialis penurunan berat badan dari klinik Lighthouse Indonesia, memberikan beberapa cara sederhananya.

1. Pintar pilih lauk.

Jika ingin mengurangi asupan kalori, pilih ayam panggang dan bukan daging atau lauk yang digoreng atau kuah santan.

2. Kurangi siraman kuahnya.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bila Anda makan masakan padang, ada baiknya untuk mengurangi bumbu dan kuah yang bersantan. Jika sambal ditumis, kandungan minyaknya juga akan mempertinggi kalori yang masuk. Sebagai patokan, 1 sendok teh minyak sama dengan 50 kalori.

3. Jangan lupakan sayurannya.

Biasanya, menu masakan padang disajikan bersama dengan daun ubi, daun pepaya atau mentimun. Fungsi sayuran itu bukan semata untuk menambah kenikmatan, tapi juga untuk memberi asupan serat dan mengantisipasi panas dalam setelah mengonsumsi makanan berminyak.

4. Kompensasikan kandungan kalorinya.

Makan dengan nasi padang sama dengan menghabiskan jatah 2 kali makan. Jadi, jika sudah mengonsumsi seporsi nasi padang siang ini, hindari mengonsumsi makanan berkalori tinggi setelahnya. Sebagai gantinya, pilih makanan kaya serat yang rendah kalori tapi mengenyangkan, seperti sayur brokoli, bayam, sawi, wortel, apel, dan buah pir.

Jangan lupa, bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol dan tekanan darah di atas rata-rata, sebaiknya siapkan suplemen omega-3 dan Tara Royal Noni, setelah menyantap masakan padang, ya. Suplemen omega-3 akan membantu menetralisir lemak jahat yang banyak masuk ke dalam tubuh saat mengonsumsi masakan padang, sedangkan Tara Royal Noni mengandung buah noni atau yang kita kenal sebagai buah mengkudu adalah suplemen yang bermanfaat dalam menormalkan tekanan darah, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, dan meningkatkan daya tahan tubuh melawan penyakit secara keseluruhan.

Tidak takut lagi kan menyantap makanan padang tanpa rasa bersalah?

Sumber:

lifestyle.liputan6.com

Greenlife.com

Lighthouse.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>