Sebelum Terlambat, Waspadai Gejala Hipertensi di Bawah Ini

Tweet

Tekanan darah tinggi, atau yang biasa disebut hipertensi, sering tak disadari dan disepelekan oleh sebagian besar masyarakat. Padahal, tekanan darah yang tidak terkontrol dapat membahayakan berbagai organ tubuh, terutama yang terkait dengan pembuluh darah. Maka dari itu ada baiknya kita lebih peka dan memberi perhatian lebih pada gejala hipertensi, apalagi saat masih pada tahap awal, sehingga tekanan darah bisa lebih dikontrol dengan cepat.  Ada beberapa gejala penyakit hipertensi yang timbul, beberapa diantaranya sebagai berikut :

1.) Sering Sakit Kepala

Gejala yang lebih serius dari penyakit hipertensi adalah sakit kepala dengan tempo yang sering dan terus-menerus di bagian belakang kepala dan kepala akan terasa berat. Sakit kepala ini biasanya terjadi ketika  tekanan darah berada di atas 180/110 mmHg.

2.) Mimisan

Pada tahap awal penyakit hipertensi mimisan juga menjadi salah satu tanda yang muncul. Jika ternyata Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi kemudian muncul mimisan yang sulit dihentikan segera periksakan diri ke dokter dan melakukan konsultasi.

3.) Mual dan Muntah

Meskipun gejala mual dan muntah merupakan gejala umum yang terjadi pada kebanyakan penyakit namun pada penyakit hipertensi gejala mual dan muntah ini agak sedikit berbeda karena pada hipertensi atau tekanan darah tinggi mual dan muntah ini disertai dengan pandangan menjadi kabur dan juga napas dengan tempo yang pendek-pendek.

4.) Mati Rasa

Meningkatnya tekanan darah akibat hipertensi menyebabkan mati rasa atau rasa kesemutan yang bisa saja menjadi tanda awal penyakit stroke. Jika hipertensi tak bisa terkontrol maka akan berakibat pada rusaknya saraf sehingga gejala seperti ini muncul.

5.) Titik darah pada bagian mata

Ketika Anda melihat terdapat titik darah pada bagian bola mata, Anda perlu waspada karena bisa saja titik darah tersebut merupakan pembekuan darah yang terjadi dikarenakan hipertensi. Cobalah minta dokter atau ahli kesehatan  untuk memeriksa tekanan darah Anda sebelum terlambat.

6.) Merasa Pusing

Vertigo dan perasaan ringan pada kepala yang disertai perasaan pusing juga kemungkinan merupakan gejala hipertensi. Jika muncul secara tiba-tiba tanda-tanda seperti ini jangan pernah diabaikan karena jika perasaan pusing dan juga vertigo ditambah lagi dengan sulitnya berjalan dan pingsan bisa merupakan tahap awal gejala stroke.

Namun, setiap orang harus lebih waspada dan jangan menunggu adanya gejala-gejala yang muncul, karena hipertensi merupakan penyakit yang berbahaya sehingga perlu diwaspadai lebih dini. Selain itu perlu diketahui juga bahwa orang yang terkena hipertensi di Indonesia mencapai 31,7% yang artinya dari 3 orang biasa, 1 orang mengalami hipertensi, dan 76,1% dari penderita hipertensi tidak mengetahui bahwa dirinya mengalami sakit hipertensi sehingga pengobatan agak terlambat dilakukan.

Hipertensi dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan rendah garam, memperbanyak konsumsi sayur dan buah, mengurangi makanan olahan dan cerdas memilih makanan yang tepat, misalnya makan suplemen yang mengandung noni setiap hari. Dr. Solomon melaporkan bahwa buah Noni mengandung sejenis fitonutrien (nutrisi yang berasal dari tumbuhan), yaitu scopoletin yang berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah yang mengalami penyempitan sehingga tekanan darah dapat dinormalkan kembali. selain itu menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga secara teratur  juga menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan.

 

Sumber:

Boldsky.com

Medkes.com

Kompasiana.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>